13 Cara WOW Melatih Motorik Halus pada Anak Usia 0-1 Tahun

13 Cara WOW Melatih Motorik Halus pada Anak Usia 0-1 Tahun

kurdefrin.com – Pengembangan motorik halus pada anak semasa pertumbuhannya sangat diperlukan dan tentunya memiliki tujuan, yaitu anak mampu memfungsikan otot-otot kecil seperti gerakan jari-jari tangannya.

Anak juga mampu mengkoordinasikan kecepatan tangan dengan mata, dan konsentrasi. Ketahuilah Moms, bahwa kemampuan motorik halus seorang anak akan mendukung pengembangan aspek kognitif atau kecerdasannya.

Selain itu, motorik halus akan mendukung keterampilan berbahasa, sosial dan kemandirian anak. Semakin baik motorik halus seorang anak maka akan semakin baik pula kreasinya.

WOW, kalau begitu motorik halus mempunyai fungsi yang cukup penting dong. Motorik halus berkembang, kemampuan kognitif, bahasa, sosial, dan kemandirian akan berkembang juga.

Baiklah, mengingat pentingnya peranan motorik halus pada anak, Moms harus memberikan stimulan yang tepat untuk melatih motorik halus pada anak setiap periode usianya.

Pada beberapa artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai cara melatih motorik halus pada anak usia 2-3 tahun, 3-4 tahun, 4-5 tahun, 5-6 tahun, dan 1-2 tahun. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun.

Moms, he he jangan dikira tidak penting lho melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun. Untuk melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun, harus diketahui lebih dahulu kemampuan motorik halus pada anak usia 0-1 tahun.

Kemampuan motorik halus pada anak usia 0-1 tahun sebagai berikut. Memiliki gerak reflek, menggengam jari, memainkan jari tangan dan kaki, dan memasukkan jari ke dalam mulut merupakan kemampuan motorik halus pada anak usia 0-3 bulan.

Memegang benda dengan 5 jari, memainkan benda dengan tangan, meraih benda di depannya adalah kemampuan motorik halus pada anak usia 3-6 bulan.

Menjumput (memegang dengan ibu jari dan telunjuk), meremas, memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain merupakan kemampuan motorik halus pada anak usia 6-9 bulan.

Memasukkan benda ke mulut, menggaruk kepala, memegang benda kecil atau tipis: potongan buah atau biskuit, memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain merupakan kemampuan motorik halus pada anak usia 9-12 bulan.

1. Memiliki Gerak Refleks

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang pertama adalah memiliki gerak reflek. Gerak reflek adalah gerakan otomatis yang tidak dirancang terhadap rangsangan dari luar yang diberikan sesuatu organ atau bagian tubuh yang terkena.

Agar gerak refleks anak lebih sensitif, Moms bisa sering memanggil-manggil namanya, menyapa selamat pagi, dll. Moms bisa juga mencoba mengipas satu kali saja arahkan ke bagian wajah anak.

Moms akan melihat gerak refleks mata akan terlihat nyata.  Bisa juga Moms bertepuk tangan sekali di depan wajahnya. Moms juga akan melihat gerak refleks anak pada bagian mata, anak akan langsung berkedip-kedip.

2. Menggengam Jari

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang kedua adalah menggenggam. Menggenggam adalah kepalan atau cengkeram tangan pada waktu keadaan memegang (KBBI).

Latihan anak untuk menggenggam bisa menggunakan media telunjuk Bunda. Dapat dilakukan kapan saja. Tapi lebih asyik jika dilakukan pada saat memberikan ASI.

3. Memainkan Jari Tangan dan Kaki

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang ketiga adalah memainkan jari tangan dan kaki. Latihan ini tidak memerlukan media khusus, ya Moms. karena, medianya sudah tersedia yaitu jari tangan dan kaki anak itu sendiri.

Pada usia awal 0-3 bulan, bayi belum banyak bergerak. Anak masih berada pada posisi tidur atau tidak tidur, dia tetap terlentang. Pada saat terlentang inilah, Anak bisa bermain. Anak akan bermain dengan jari tangan dan kakinya.

Tangannya bergerak-gerak dilihatnya sendiri. dimainkannya tangan dan kakinya sendiri. Terkadang, anak memegang kakinya dan menariknya sampai ke mulut. Biarkanlah Moms, gerakan itu akan melatih kekuatan otot dan jari tangan anak.

4. Memasukkan Jari ke Dalam Mulut

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang keempat adalah memasukkan jari tangan ke dalam mulut. Gerakan ini tidak hanya melatih bagian jari tangan, tetapi juga melatih mengangkat tangan ke arah mulut.

Latihan ini baik jika untuk merangsang gerak motorik halus pada jari-jemari. Tetapi, kalau terus-menerus dilakukan hingga menjadi kebiasaan, sepertinya kurang bagus. Oleh karena itu, Moms melatih seperlunya saja ya, agar tidak menjadi kebiasaan.

5. Memegang Benda dengan 5 Jari

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang kelima adalah memegang dengan 5 jari.  Media latihan yang diperlukan bisa bermacam-macam, bisa mainan, atau makanan. Tapi, ukuran media sebaiknya besar sehinggan dapat dipegang oleh lima jari tangan kanan anak.

Kalau medianya berukuran kecil, mungkin tidak dapat melibatkan 5 jari tangan. Oleh karena itu, pemilihan media untuk melatih gerakan ini perlu memperhatikan ukuran yang sedikit lebih besar dari tangan kanan anak.

6. Memainkan Benda dengan Tangan

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang keenam adalah memainkan benda dengan tangan. Benda yang dapat dimainkan anak usia 0-1 tahun bisa berupa balon yang berbunyi jika di pencet-pencet, bola, boneka, dll.

Jadi, Misalnya, Moms bisa memberikan balon kepada anak. Beri contoh cara memencet balon agar berbunyi. Beri kesempatan anak memainkannya. Anak akan merasakan sensasi yang berbeda dari hari lainnya.

7. Meraih Benda di Depannya

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang ketujuh adalah meraih benda di depannya. Meraih adalah menggapai kemudian menarik sesuatu ke arah dirinya sendiri. Cara melatih agar anak dapat meraih sesuatu diperlukan persiapan, baik media maupun perlengkapan pendukungnya.

Gerakan ini tidak hanya dilakukan oleh tangan, tetapi dibantu dengan mencondongkan tubuh ke arah depan agar tangan anak mampu menggapai benda yang akan diraihnya. Moms perlu menyediakan media.13 Cara WOW Melatih Motorik Halus pada Anak Usia 0-1 Tahun

Letakkan media di atas meja kecil yang tidak terlalu tinggi. Beri contoh cara menggapai benda yang disediakan. Kemudian beri kesempatan pada anak untuk menirukannya.

Artikel terkait:

Motorik Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun, Begini Melatihnya

Cara Hebat Melatih Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun

8 Cara WOW Melatih Motorik Halus pada Anak Usia 1-2 Tahun

8. Menjumput

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang kedelapan adalah menjumput. Menjumput adalah mengambil sedikit demi sedikit dengan menggunakan dua ujung jari. Pada umumnya, orang menjumput itu menggunakan ibu jari dan telunjuk.

Kita akan lebih fokus melatih ibu jari dan telunjuk tangan kanan anak. Benda yang dijadikan sebagai media antara lain benda yang tipis, tidak terlalu berat, tidak runcing. Contoh potongan buah, biskuit yang ringan, tipis, tidak runcing.

Latihlah anak menjumput benda yang ada di dalam wadah. Lalu, memindahkannya ke wadah lain yang sudah disediakan, Moms. Kalau anak belum berhasil, latihlah anak menjumput berkali-kali sampai bisa. Lakukanlah dengan senang hati.

9. Meremas

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang kesembilan adalah meremas. Meremas adalah mengepal-ngepal dan memerah-merah kelapa atau adonan.  Kegiatan meremas untuk anak usia 0-1 tahun tentunya bukanlah mengepal-ngepal kelapa atau adonan.

Perlu media yang dapat digunakan untuk diremas. Misalnya kertas, busa, atau dough. Latihlah anak meremas-remas media dengan satu tangan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri. Selanjutnya, anak diminta meremas-remas dengan kedua tangannya secarabersama-sama.

Kegiatan meremas diharapkan semua jari tangan bekerja dan bergerak. Jadi, meremas yang dilakukan akan melibatkan sepuluh jari tangan anak. Dengan mengaktifkan seluruh jari tangannya untuk meremas, motorik halus anak akan lebih terlatih dan cepat berkembang.

10. Memindahkan Benda dari Satu Tangan ke Tangan yang Lain

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang kesepuluh adalah memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain. Untuk melatih agar anak dapat memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya diperlukan media.

Media yang digunakan bisa berupa benda yang ringan, mudah dipegang, dan tidak runcing. Misalnya bola kecil mainannya, atau lainnya.

Pertama, Moms berikan bola ke tangan kanan anak. Anak diberi contoh memindahkan bola dari tangan kanan ke tangan kiri. Lalu anak menirukan. Belum tentu anak langsung bisa memindahkan bola ke tangan kirinya atau sebaliknya.

Bisa saja bola itu jatuh, Moms. Kalau ternyata bola terjatuh saat dipindahkan, anak diminta mengulanginya lagi sampai bisa. Kalua dilakukan berulang-ulang, anak akan menjadi bisa sehingga latihan gerak motorik halusnya bisa berjalan dengan baik.

Artikel terkait:

Macam-Macam Kecerdasan pada Anak

Inilah Tips Melatih Motorik Halus pada Anak Usia 2-3 Tahun

Lima Tips WOW Melatih Motorik Halus pada Anak Usia 3-4 Tahun

11. Memasukkan Benda ke Mulut

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang kesebelas adalah memasukkan benda ke mulut. Moms, jika anak sudak bisa memegang sesuatu, latihlah anak memasukan sesuatu ke mulutnya.

Misalnya makanan atau susu. Berikan makanan di tangan kanannya, bisa roti, wafer, arahkan tangannya ke arah mulut. Pada awalnya tangan anak kaku, makanan tidak sampai-sampai ke mulut. Tapi, lama-kelamaan anak akan bisa melakukannya.

Latihan ini akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 0-1 tahun. Proses memegang, menggerakkkan tangan ke arah mulut akan menjadi lentur jika terus-menerus dilatih. Pada akhirnya, anak akan terampil makan dan minum sendiri.

12. Menggaruk Kepala

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang kedua belas adalah menggaruk kepala. Menggaruk adalah mengukur kepala, badan karena gatal. Menggaruk yang dilakukan anak usia 0-1 adalah menggaruk kepala.

Pada saat kepala terasa gatal, tangan anak otomatis langsung menggaruk bagian kepala yang gatal. Di sini terjadi koordinasi tangan dengan indera perabaan pada anak. Ia tidak melihat bentuk dan warna gatal di kepalanya, tapi merasakan gatal.

Maka, tangannya langsung tanggap untuk menggaruknya. Moms, hebatnya anak dapat menggaruk tanpa adanya pelajaran atau latihan menggaruk.

Lebih hebatnya, anak dapat menggaruk dengan empat jari sekaligus, yakni telunjuk, jari tengah, jari manis, dan kelingking. Posisi keempat jari tangan kanan anak, secara refleks ditekuknya untuk menggaruk. Lebih hebat lagi, anak dapat menggaruk dengan tidak melibatkan ibu jari.

Jadi, melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun sudah terbantu dengan kemampuan dasar yang dimiliki seorang anak, yaitu menggaruk kepala. Kita perlu memberi rangsangan agar anak lebih terampil menggaruk kepala.

Cara adalah dengan  membelai atau menggelitiki bagian rambut dan kepala anak. Pada umumnya, bagian yang dibelai atau digelitik akan menimbulkan rasa gatal sehingga anak tergerak untuk menggaruknya.

13. Memegang Benda Kecil atau Tipis

Cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun yang ketiga belas adalah memegang benda kecil dan tipis. Memegang berarti memaut dengan tangan.

Benda yang dipegang atau dipaut bisa berupa potongan buah dan biskuit. Ajari anak memegang benda kecil dan tipis dengan cara memberikan potongan buah atau biskuit ke arah tangan kanannya.

13 Cara WOW Melatih Motorik Halus pada Anak Usia 0-1 Tahun

Beri rangsangan agar anak dapat memegang biskuit dengan jari telunjuk dan ibu jari. Bagian biscuit yang dipegangkan ke anak adalah bagian ujung agar bagian ujung satunya dipersiapkan untuk digigit lalu dimakan.

Moms, kala anak belum bisa memegang biskuit dengan dua jari, ya diberi kesempatan memegang biskuit sebisanya. Penting anak di mendapat kesempatan latihan memegang untuk mengembangkan motorik halusnya.

Demikian ya Moms penjelasan mengenai cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun. Terima kasih, sampai jumpa dengan artikel berikutnya di kurdefrin.

Itulah Moms, 11 cara melatih motorik halus pada anak usia 0-1 tahun. Semoga motorik halus anak bisa cepat berkembang. Selamat melatih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya di kurdefrin.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *