6 Tips Jitu Melatih Anak Usia 4-5 Tahun Mengenal Benda dan Fungsinya

6 Tips Jitu Melatih Anak Usia 4-5 Tahun Mengenal Benda dan Fungsinya

kurdefrin.com – Memperhatikan, memberi stimulasi, dan mengasah kemampuan kognitif anak penting dilakukan oleh setiap orang tua. Perlu diingat, tahap perkembangan anak berbeda-beda. Tidak tepat jika orang tua membandingkan perkembangan kognitifnya dengan anak yang lain.

Mengenal benda dan fungsinya merupakan salah satu kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Kemampuan ini harus dikembangkan dengan pemberian stimulasi yang baik.

Arti kata “mengenal” bisa dilakukan dengan melihat, mendengarkan, melakukan dengan memegang, memindah, dll. Mengenal benda berarti mengetahui benda dengan melihat, mendengarkan, dan melakukan apa saja dengan benda itu.

A. Benda dan Macam-Macamnya

1. Pengertian Benda

 Benda adalah segala yang ada di dalam alam yang berwujud atau berjasad (bukan roh). Kata “Benda” disebut juga zat, misalnya air, minyak.

2. Macam-macam benda

Macam-macam benda yang paling umum adalah benda padat, cair dan gas. Pengertian benda padat adalah benda yang berwujud padat dan mempunyai bentuk tertentu: batu besi kayu.

Sedangkan benda cair adalah benda atau barang yang berubah bentuk mengikuti bangun tempatnya seperti air dan minyak. Benda gas adalah udara, asap, dll.

Ada juga klasifikasi benda menjadi dua yaitu benda hidup dan benda mati. Benda hidup adalah benda yang tumbuh, bernafas, dan bergerak (tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia). Benda mati adalah benda yang tidak dapat bergerak sendiri dan tidak bernapas: batu, besi, rumah.

Selain itu, dikenal juga dengan benda alam seperti bumi, air, udara, pohon. Benda langit adalah benda-benda seperti matahari, bulan, bintang planet yang berada di ruang angkasa. Benda buatan manusia seperti bangunan, mobil buku, dll.

B. Fungsi Benda

Fungsi benda ada beberapa macam. Berikut ini dijelaskan beberapa contoh fungsi benda. Fungsi kayu: dapat dibuat menjadi meja, kursi, almari, kertas, pensil, triplek.

Fungsi air dapat digunakan sebagai pelarut, pembersih, pendingin, penggerak kincir dinamo untuk menghasilkan listrik. Itulah fungsi benda cair secara umum.

Fungsi udara sebagai gas dimanfaatkan sebagai bahan isi pada balon, pendingin mesin, pemberi tekanan pada ban kendaraan, penggerak baling-baling dinamo untuk menghasilkan listrik. Ajaklah anak memahaminya secara bertahap karena ini cukup sulit.

C. Melatih Anak Mengenal Benda 

Tujuan melatih anak mengenal benda dan fungsinya adalah agar anak dapat mengenal dan menyebutkan, dan menggunakan benda tersebut sesuai fungsinya.

Kata kunci yang utama adalah orang tua harus bisa memberi stimulasi yang sesuai tingkat perkembangan kognitif anak. Memberikan kesempatan pada anak untuk mengatur gaya dan waktu belajar mengenal benda berdasarkan fungsinya.

Melatih anak mengenal benda dan fungsinya sebaiknya dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan. Media yang digunakan menarik agar anak berminat dalam mengikuti kegiatan.

Melatih Anak Mengenal Benda

1. Mengklasifikasi Benda

Tips melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya yang pertama adalah mengklasifikasi benda. Mengklasifikasi benda di sini berarti mengelompokkan.

a. Mengumpulkan Benda

Kumpulkan beberapa benda yang ada di rumah, misalnya piring, gelas, kertas, buku, kardus, air dalam botol, sirup, dan balon. Letakkan benda-benda tersebut di hadapan anak. Mintalah anak mengamati semua benda tersebut. 6 Tips Jitu Melatih Anak Usia 4-5 Tahun Mengenal Benda dan Fungsinya

Ajak anak mengelompokkan benda tersebut berdasarkan jenisnya. Misalnya piring, gelas, kertas, buku, kardus dijadikan satu kelompok. Air dalam botol, dan sirup dijadikan sebagai kelompok kedua. Dan balon sebagai kelompok tersendiri.

Kemudian anak diminta menamai tiap kelompok benda tersebut. Kelompok 1 adalah kelompok benda padat. Kelompok dua adalah kelompok benda cair, dan kelompok tiga adalah benda gas.

b. Fungsi Benda yang diklasifikasi

Selanjutnya, anak diminta menyebutkan fungsi benda yang sudah diklasifikasikan. Contoh: piring dan gelas untuk alat makan dan, kertas untuk tempat menulis, buku untuk dibaca, kardus untuk mengemas barang, air dan sirup untuk minum, balon untuk mainan.

Jelaskan pada anak bahwa benda itu bisa bebas tanpa dibeli dan terikat harus dibeli. Benda bebas tidak dibeli itu tersedia di alam seperti udara untuk bernafas, air disungai atau laut untuk perikanan dan pertanian.

Benda terikat itu harus dibeli. Banyak sekali contohnya. Anak diminta menyebutkan benda terikat yang sudah dikelompokkan tadi. Misalnya piring, gelas, kertas, kardus, air dalam botol,sirup, dan balon.

Melatih Anak Mengenal Benda 

2. Kuis Keluarga

Tips melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya yang kedua adalah kuis keluarga berisi tanya jawab. Kuis keluarga ini juga menarik lho untuk melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya. Kita coba, Yuk.

a. Membuat Pertanyaan

Awali penerapan tips ini dengan membuat pertanyaan. Misalnya: Benda alam yang keluar pada malam hari? Apa benda yang bersifat dingin? Benda yang bisa mengalir? Dan benda apa yang bisa menguap? Juga benda alam yang mengeluarkan sinar panas?

Anak bisa diperankan menjadi dua. Peran penanya dan peran penjawab. Beri pujian jika anak sudah berhasil melakukan tugas. Ini tidak boleh dilupakan. Karena pujian itu akan menimbulkan motivasi bagi anak untuk berbuat lebih dari yang sudah dilakukan.

b. Membuat Jawaban

Paling akhir orang tua memberikan penguatan atas jawaban. Misalnya benda alam yang keluar pada malam hari itu bulan dan bintang. Funsinya untuk penerangan pada malam hari.

Benda yang bersifat dingin itu es atau air dingin.Fungsinya untuk minuman. Benda yang bisa mengalir itu air. Fungsinya untuk pertanian. Benda yang bisa menguap itu gas. Fungsinya untuk memasak. Dan benda alam yang mengeluarkan sinar panas adalah matahari untuk menjemur apa saja.

Jelaskan pada anak bahwa sinar bulan, bintang, dan matahari adalah benda bebas yang bisa dinikmati manusia tanpa membayar. Benda-benda itu ciptaan Allah SWT untuk memenuhi kebutuhan manusia yang banyak fungsinya.

3. Mewarnai dan Menggambar Benda

Tips melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya yang kedua adalah mewarnai dan menggambar benda. Agar mengenal benda lebih jauh, ajak anak mewarnai dan menggambar benda.

a. Tahapan Mewarnai dan Menggambar Benda

Awali dengan mewarnai gambar benda yang sudah disediakan. Kemudian, anak diminta melanjutkan gambar yang belum selesai. Anak juga bisa diminta menyempurnakan gambar transparan yang berupa tanda titik.

Selanjutnya, anak diminta menggambar benda apa saja secara bebas. Biarkan anak menggambar benda sesuai kesukaan dan imajinasinya.

b. Benda Berbahaya

Benda-benda yang disediakan dalam gambar diupayakan berupa yang sulit disediakan secara langsung. Seperti gambar-gambar hewan, ini tergolong benda hidup yang sulit disediakan secara langsung. Apalagi kalau benda itu berupa hewan liar dan buas.

Benda yang berbahaya seperti api, cukup dikenalkan melalui gambarnya saja. Pada saat belajar mengenal benda berbahaya, keamanan anak harus dipastikan terjaga. Orangtua harus berhati-hati. 6 Tips Jitu Melatih Anak Usia 4-5 Tahun Mengenal Benda dan Fungsinya

Apabila sudah mewarnai, dan menggambar benda, anak diminta menyebutkan fungsi benda yang digambarnya. Misalnya anak mewarnai gambar tanaman bunga, fungsi tanaman bunya adalah untuk keindahan.

Jika anak menggambar  benda secara bebas misalnya berupa gambar buku, misalnya. Maka, fungsi buku adalah untuk membaca atau menulis.

4. Bernyanyi Bersama Keluarga

Tips melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya yang ketiga adalah bernyanyi bersama keluarga. Manfaatkan lagu anak yang sudah begitu banyak. Kecenderungan lagu anak yang beredar itu bertema benda alam. Contoh lirik lagu: Bintang Kecil, Pelangi-pelangi, naik ke Puncak gunung, aku adalah matahari.

a. Lirik lagu Anak

Bintang Kecil

Bintang kecil di langit yang biru

Amat banyak menghias angkasa

Aku ingin terbang dan menari

Jauh tinggi ke tempat kau berada

Pelangi-Pelangi

Pelangi-pelangi alangka indahmu

Merah kuning hijau di langit yang biru

Pelukismu agung siapa gerangan

Pelangi-pelangi ciptaan Tuhan

Naik ke Puncak Gunung

Naik-naik ke puncak gunung

Tinggi-tinggi sekali

Naik-naik ke puncak gunung

Tinggi-tinggi sekali

Kiri kanan kulihat saja

Banyak pohon cemara aa

Kiri kanan kulihat saja

Banyak pohon cemara

Aku adalah matahari

Aku adalah matahari

Akulah pusat tata surya

Aku punya sinar yang terang

Ultraviolet Namanya

Reff://Tumbuhan hewan juga manusia

Semua butuh sinarku

Agar tulang kuat tubuh jadi sehat

Engkau butuhkan sinarku

Benda alam dalam lagu bintang kecil adalah bintang dan angkasa. Fungsinya bintang adalah untuk penerangan. Angkasa untuk persediaan udara.

Pada lagu Pelangi-pelangi, ditemukan benda alam pelangi dan langit. Fungsi Pelangi adalah sebagai gerbang warna-warni di angkasa. Sedangkan fungsi langit adalah sebagai pelindung bumi dari meteor.

Benda alam pada lagu naik ke puncak gunung adalah gunung, cemara. Fungsi gunung adalah menyimpan kekayaan alam,melindungi penghuninya, dan sebagai pasak bumi agar planet tetap kukuh. Fungsi cemara adalah penahan dan penyedia air karena cemara termasuk pohon.

Dan benda alam pada lagu “aku adalah matahari” yaitu kata matahari, ultraviolet, tumbuhan, hewan, manusia. Fungsi matahari bagi manusia adalah sebagai sumber energi panas.

Melatih Anak Mengenal Benda 

5. Mendojohkan Benda dan fungsinya

Tips melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya yang keempat adalah menjodohkan benda dan fungsinya. Cara ini menarik juga, lho buat mainan  sambil belajar di rumah bersama keluarga dalam suasana santai.

Awali dengan melibatkan anak membuat kartu kata. Ajak anak memotong kertas manila yang berwarna-warni sekitar berukuran 10x20cm. Tulisi masing-masing potongan kertas manila tadi dengan nama benda dan fungsi benda.

Anak diminta menempelkan kartu nama benda di papan tulis. Rata-rata keluarga sudah tersedia papan tulis di rumah. Kemudian, anak menempelkan kartu yang berisi dari fungsi benda di sebelah nama benda.

Misalnya:

AIRMAKAN
APIMINUM
PANCIMEMANASI
SENDOKMANDI
SABUNMASAK

Baca juga:

Ini Cara Asyik Mengenalkan Huruf dan Angka pada Anak Usia 3-4 Tahun 

5 Bahan & Media Belajar yang Tepat bagi Anak Usia 3-4 Tahun

Balok Karakter Asyik Buat Bermain Bersama Anak dan Orang Tua

6. Jalan-Jalan di Taman

Tips melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya yang kelima adalah jalan-jalan di taman. Ajaklah anak berjalan-jalan di taman. Anak diminta melihat-lihat tanaman dan benda yang ada di taman. Anak pasti suka bermain di taman bunga.

Kemudian anak diminta menyebutkan nama tumbuhan, hewan, benda alam, benda buatan manusia yang ada di taman. Lalu anak diminta menyebutkan fungsinya. Misalnya, secara umum fungsi taman adalah untuk keindahan kota.

Secara khusus, fungsi tanaman bunga adalah memperindah taman. Hewan kupu-kupu di taman berfungsi sebagai sarana membantu perkembangbiakan tanaman. Lampu taman berfungsi untuk penerangan taman di malam hari, dll.

6 Tips Jitu Melatih Anak Usia 4-5 Tahun Mengenal Benda dan Fungsinya

7. Mandi dan Berenang

Tips melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya yang keenam adalah mandi dan berenang.  Belajar mengenalkan benda berdasarkan fungsinya bisa dilakukan saat anak mandi dan berenang.

Mandi di rumah atau berenang membutuhkan benda seperti air, sabun, shampho, sikat gigi, handuk, pakaian renang, pakaian ganti, gayung, shower, dll. Tentu anak harus tahu benda yang menjadi peralatan mandi.

Anak diminta melihat dan mengamati semua benda yang ada di kamar mandi dan di kolam renang. Kemudian, anak diminta menjelaskan fungsinya. Misalnya Air untuk mandi dan berenang, sabun untuk membersihkan seluruh tubuh, shampho untuk mencuci rambut atau keramas.

Melatih Anak Mengenal Benda 

8. Makan Bersama

Begitu banyak media yang bisa digunakan orang tua dalam melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya. Semua itu dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Pada acara makan bersama, anak akan mengenal benda padat seperti nasi, lauk, buah. Anak juga akan mengenal benda cair seperti kuah sayur, air minum, dll. Orang tua diharapkan berpandai-pandailah dalam memanfaatkan segala situasi dan aktivitas untuk melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya.

Di dalam rumah, anak sudah bisa mengenal jenis benda seperti benda pada, cair, dan gas. Orang tua harus lebih kreatif memanfaatkan benda yang ada di rumah sebagai media belajar anak dalam mengenal benda, termasuk pada saat makan bersama.

Demikianlah penjelasan mengenai tips melatih anak mengenal benda berdasarkan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *