8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal, Orantua Perlu Tahu

8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal, Orantua Perlu Tahu

kurdefrin.com – Bunda, pola pengasuhan yang dapat kita lakukan tentu berbeda antara sebelum adanya covid, selama covid-19, dan di era new normal. Cara mengasuh anak pada saat sebelum adanya covid-19, kita cenderung memberi kelonggaran pada anak dalam berperilaku atau berbuat.

Selama adanya Covid-19, cara mengasuh anak yang kita lakukan lebih ketat. Karena semua kegiatan yang tadinya dilakukan di luar rumah, saat covid-19 sedang mulai mewabah, kita semua harus karantina di dalam rumah. Bekerja dan belajar harus dari rumah.

Pada saat ini pada era New Normal, cara mengasuh kita longgar dan ketat. Maksudnya, anak sudah mulai boleh masuk sekolah dengan protokol kesehatan. Maaf, jangan dimaknai bahwa covid-19 sudah selesai.

Covid -19 belum selesai. Bahkan dari ke hari masih bertambah jumlah pasien baru. Secara nasional, tiap hari bisa bertambah hamper 1.000 orang penderita baru.  Jadi, orang tua harus mengerti benar bahwa Covid-19 belum berakhir.

8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal

Sekarang kita sedang berada pada era New Normal. Kita tetap melakasanakan kegiatan perekonomian, pembelajaran di luar rumah dengan penuh kewaspadaan dan kehati-hatian. New Normal dapat dikatakan kita hidup berdampingan dengan Covid -19.

Pada era New Normal, anak sekolah pun akan di atur untuk belajar di sekolah bersama bapak Ibu gurunya. Tentu ada perubahan baru dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Ada perubahan baru dalam perjalanan anak saat menuju sekolah. Ada juga perubahan baru pada saat anak mempersiapkan diri menuju ke sekolah. Begitu juga saat pulang dari sekolah, ada perubahan baru. Semua prosesi persekolahan mengalami perubahan.

Oleh karena itu, para orang tua berperan mengikuti semua perubahan yang terjadi. Kemudian, Orang tua diharapkan mempersiapkan putra-putrinya dengan sebaik-baiknya dalam rangka bersekolah di era New Normal.

Orang tua dan kita semua tentu masih menyadari bahwa melindungi anak merupakan tugas utama orang tua. Dan, Orang tua juga berkewajiban untuk memenuhi hak-hak anak, dan membentuk karakter positif.

Terapkanlah dengan metode dan cara pengasuhan yang penuh cinta, senyum,dan tanpa kekerasan. Sehingga anak bisa tumbuh dengan penuh rasa cinta kasih sayang.

8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal

Pola Pengasuhan Anak di era New Normal sebagai berikut.

Parent, berikut ini dijelaskan mengenai pola pengasuhan anak di era new normal. Lakukanlah secara bersama, berilah contoh yang baik. Sentuhlah hati anak,  dan ingatkan selalu anak pada protocol Kesehatan merupakan kata kunci pola pengasuhan di era New Normal.

1. Mendisiplinkan Anak untuk Selalu Menjalankan Perintah dan Larangan Allah SWT

Pola Pengasuhan di era New Normal yang pertama adalah mendisiplinkan anak untuk selalu menajalankan perintah dan Larangan Allah SWT. Disiplinkan anak untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Ingatkan dan ajaklah sholat berjamaah bersama keluarga.

Ayah menjadi imam sholat. Ibu dan para putra-putrinya menjadi makmum. Sebelumnya, anak laki-laki di minta melakukan adzan. Adakan sholawatan sebelum sholat berjamaah di lakukan. Kemudian, anak laki-laki diminta melakukan iqomah,lalu sholat berjamaah dilaksanakan.

Usai sholat, ajaklah anak untuk tidak terburu-buru meninggalkan ruang sholat. Ikuti kultum dan doa setelah sholat bersama. Ayah akan bertugas memberi kultum setiap selesai sholat. Isi kultum diupayakan berisi pesan kekinian. Bisa berisi imbauan kehati-hatian dalam era New Normal pada saat pergi ke sekolah. Agar anak selalu waspada, dll.

Parents, lakukan kondisi sholat yang indah penuh makna ini secara terus-menerus. Bahkan perlu adanya peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT karena sedang adanya ujian berupa wabah Covid-19. Dengan harapan, covid-19 segera berlalu dan kehidupan puna akan normal seperti sedia kala.

Parents, peran agama sangat penting.  Orang tua harus senantiasa meningkatkan keimanan anak. iman yang kuat akan menjadi pondasi yang kuat juga dalam menghadapi segala tantangan. Apalagi adanya wabah corona yang menjadi tantangan tersendiri bagi anak dan keluarga.

Dekatkan anak pada Al’quran. Upayakan anak bisa membaca dan memahami isi firman Allah. Lakukan secara bertahap, terus-menerus, dan berkelanjutan. Memahami isi Al’quran juga menjadi tanggung jawab orang tua.

8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal

2. Mendisiplinkan Anak untuk Mencuci Tangan

Pola pengasuhan di era New Normal yang kedua adalah mendisiplinkan anak untuk selalu mencuci tangan. Ajarkan cara mencuci tangan yang benar.

Walaupun di berbagai media sudah banyak dijelaskan mengenai cara mencuci tangan, tapi kalau orang tua yang menjelaskan tentu akan lebih efektif. Anak akan lebih perhatian, apalagi jika cara mengajarkan cuci tangan dipraktikkan secara langsung.

Parents, ajarkan cara cuci tangan berikut ini. Pertama, basahi tangan dengan air mengalir. Gunakan sabun cuci tangan buat anak. Tidak perlu sabun khusus yang mengandung antiseptik.

Ajari anak untuk menggosok tangannya hingga merata hingga sekitar 15-20 detik. Bagian telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari tangan, kuku, hingga pergelangan tangan harus digosok dengan sabun. Agar anak senang, lakukanlah mencuci tangan dengan menyanyikan lagu. Misalnya:

Kupejamkan mata ini

Mencoba tuk melupakan

Segala kenangan indah tentang dirimu

Tentang mimpimu

Semakin aku mencoba

Bayanganmu semakin nyata

Merasuk hingga ke jiwa

Tuhan tolonglah diriku

Entah dimana dirimu berada

Hampa terasa hidupku tanpa dirimu

Apakah di sana kau rindukan aku

Seperti diriku yang selalu merindukanmu

Kemudian bilaslah tangan hingga benar-benar bersih. Keringkan dengan handuk kering, atau tissue. Ajari anak untuk mencuci tangan sesering mungkin. Misalnya setelah batuk, bersin, setelah membuang sampah. Anak juga diminta mencuci tangan setelah memegang hewan peliharaan, setelah membuang sampah, dll.

8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal

3. Mendisiplinkan Anak untuk Berada di Dalam Rumah

Pola pengasuhan di era New Normal yang ketiga adalah medisiplinkan anak untuk selalu berada di dalam rumah jika tidak pergi ke sekolah. Anak-anak cenderung bermain dengan di luar rumah bersama teman-temannya. Karena anak sudah merasa bosan bermain di dalam rumah.

Orang tua harus lebih mendisiplinkan anak agar tetap bermain di dalam rumah. Ajari anak untuk selalu menghidari kerumunan. Walaupun masih anak-anak, biasakan anak untuk tidak berkerumun dengan sesama temannya. 8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal, Orantua Perlu Tahu

Orang tua diharapkan dapat mengondisikan anak agar betah bermain di dalam rumah. Ajaklah anak bermaian bersama di dalam rumah. Banyak permainan yang dapat dilakukan di dalam rumah bersama keluarga. Permainan dakon, puzzle, halma, ular tangga, catur, dll.

Agar anak betah berada di dalam rumah, orang tua bisa mengajak anak untuk beraktivitas menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Misalnya mengajak anak memasak, membuat camilan kesukaan, membuat prakarya, dll.

Orangtua juga bisa mengajak anak berolahraga bersama di dalam rumah. Bisa berjalan jinjit, jalan di tempat, jogging, senam bersama.  Buatlah anak merasa senang berolah raga di dalam rumah. Anak diminta menjadi pelatih senam. Anggotanya kita ayah dan bunda.

Orang tua juga bisa mengajak anak bernyanyi dan menari bersama di dalam rumah. Karaoke bersama dengan anak akan memberikan kenangan tersendiri bagi anak. tapi, anak jangan dipaksa lho, Parents. Munculkan keinginan dan kemauan anak dengan perintah yang halus dan lembut.

4. Medisiplinkan Anak untuk Selalu Menjaga Kebersihan Diri dan Rumah

Pola Pengasuhan di era New Normal yang keempat adalah mendisiplinkan anak untuk selalu menjaga kebersihan diri dan rumah. Ajari anak pola hidup bersih (PHBS). Kebersihan yang menyangkut diri sendiri dan lingkungannya.

Beri tahu anak mengenai program PHBS yang dicanangkan oleh pemerintah. PHBS di dalam rumah tangga adalah upaya memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau, dan mampu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam Gerakan Kesehatan masyarakat.

Jika anak sudah tahu mengenati PHBS di dalam rumah tangga, orang tua bisa melibatkan anak agar mau melakukan perilaku hidup bersih bagi diri pribadinya, maupun bagi keluarganya.

Perilaku hidup bersih bagi diri sendiri, anak bosa diminta menjaga kebersihan badan, gigi, mulut, dan kuku. Anak juga bisa diminta membersihkan pakaian, tempat tidurnya. Anak bisa juga diminta membersihkan peralatansekolah dan barang-barang milik pribadinya.

Ketika anak sudah terbiasa berperilaku hidup bersih, orang tua mulai mengarahkan agar anak juga mau membantu kebersihan di dalam keluarga secara umum. Misalnya membantu ibu membersihkan dapur, kamar mandi, ruang tamu, dll.

Orang tua baiknya selalu menerapkan kedisiplinan  untuk gerakan kebersihan di dalam rumah dengan melibatkan anak sejak dini. Lakukanlah hal semacam itu untuk diterapkan selalu di rumah. Sehingga anak-benar-benar berdisiplin di dalam menjaga kebersihan diri dan keluarga.

8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal

5. Mendisiplinkan Anak untuk Selalu Menggunakan Masker

Pola Pengasuhan di era New Normal yang kelima adalah medisiplinkan anak untuk selalu menggunakan masker jika berada di luar rumah. Penggunaan masker memang merupakan kebiasaan baru sejak adanya wabah Covid-19 yang harus diikuti anak.

Sesuatu yang baru biasanya sulit dibiasakan. Apalagi pada anak-anak. Anak-anak tergolong agak sulit untuk menerima kebiasaan baru. Mungkin anak akan terasa aneh jika dia menggunakan masker.

Sebagai orang tua, kita harus selalu memberi contoh pada anak. setiap kali akan keluar rumah, orang tua harus menggunakan masker. Kalau perlu, demonstrasikan penggunaan masker di hadapan anak.

Dari segi ukuran, model dan warna masker, sebaiknya juga dipikirkan orang tua. Hal ini bertujuan agar anak merasa tertarik untuk menggunakan masker. Masker untuk anak, baiknya dipilihkan yang cerah, dengan model masker yang berkarakter.

Di pasaran sudah mulai banyak masker yang berkarakter. Misalnya ada masker yang berbentuk atau bergambar hewan lucu, seperti kelinci, kucing, dll. Orang tua hendaknya selalu mengikuti perkembangan apa saja agar anaknya menjadi anak yang up date.

Baca juga

Inilah Cara Tepat Mengendalikan Balita yang Aktif Berlebihan

5 Bahan & Media Belajar yang Tepat bagi Anak Usia 3-4 Tahun

Balok Karakter Asyik Buat Bermain Bersama Anak dan Orang Tua

Kenali 6 Bahan Pengasuhan dan Jenis-Jenis Pola Asuh Anak

Terkadang ada keanehan. Ketika bepergian, ayah, ibu berboncengan pergi ke suatu tempat. Ayah ibunya mengenakan masker. Anak yang digendong ibu, malah tidak dipakaikan masker. Ini contoh orang tua yang kurang memperhatikan anak.

Mestinya, Ayah dan Ibu mengenakan masker. Anak pun juga dipakaikan masker ketika bepergian. Baiknya juga anak dipakaikan kacamata pelindung.  Jika ayah ibu mengenakan handsanitizer, anak juga donk, jangan dilupakan. Hal ini yang sering diabaikan oleh para orang tua.

Selain mendisiplinkan beberapa hal, pola pengasuhan anak pada era New Normal yang lainnya antara lain:

8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal

6. Penguatan Mental Anak

Orang tua sebaiknya lebih membantu penguatan mental psikologis anak agar anak mampu menghadapi masalah dan bangkit ketika terjatuh, termotivasi untuk menggapai cit-cita, lebih optimis, santai dan tidak mudah cemas.

Untuk memperkuat sisi psikologis anak, sebaiknya orang tua memberi contoh. Misalnya contoh pengendalian emosi, meningkatkan rasa percaya diri, terus belajar dan mengembangkan kemampuan diri.

8 Pola Pengasuhan Anak Di Era New Normal, Orantua Perlu Tahu

7.Jangan Meremehkan Anak

Hendaknya orang tua tidak meremehkan anak. Karena anak belum bisa berkomunikasi, belum bisa prostes orang tua mengabaikan hak-hak anak. Misalnya, anak tidak dipakaikan masker pada saat diajak bepergian. Padahal kedua orang tua memakai masker.

8. Menjaga Anak Tetap Aman dalam Komunikasi Daring

Keamanan anak harus selalu terpantau oleh orang tua ketika anak selalu menggunakan gadgetnya.  Apa yang anak lihat dan saksikandalam gadgetnya. Orang tua juga harus bisa membangun kejujuran pada anak mengenai apa-apa yang dilihatnya dalam gadgetnya.

Jangan sampai anak melihat hal-hal yang belum selayaknya anak lihat. Atau mungkin anak malah melihat adegan kekerasan yang akhirnya bakal ditiru anak. Pastikan anak tahu menganai apa yang ia lakukan dengan gadgetnya.

Parent, cobalah berbagi waktu untuk berinteraksi dengan anak secara online. Bantulah mereka untuk mengenali dan menghindari informasi yang salah. Informasi dengan konten yang tidak sesuai dengan usia anak juga harap menjadi perhatian anak.

Demikianlah Parents penjelasan mengenai pola pengasuhan di era New normal. Semoga bermanfaat.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *