Ajak Anak Bikin Camilan, Cegah Bosan di Rumah Saat Covid-19

Ajak Anak Bikin Camilan, Cegah Bosan di Rumah Saat Covid-19

kurdefrin.com- Hai Moms, tahu enggak sih, BPOM banyak menemukan jajanan anak yang dijual di luaran sana tidak layak konsumsi. Koq bisa?

Bisa Moms. Jajanan itu tidak sehat. Mau tahu cirinya jajanan tidak sehat? Ini lho Moms, Ciri jajanan tidak sehat antara lain berwarna sangat mencolok. Padahal warna yang mencolok sangat disukai anak-anak.

Kita harus waspada, jajanan yang warnanya mencolok biasanya menggunakan zat pewarna kimia. Penjual jajanan lebih suka menggunakan zat pewarna kimia karena harganya ekonomis dan warnanya memikat.

Tidak hanya itu, Moms, temuan BPOM tidak hanya masalah pewarnaan makanan. Di dalam jajanan anak juga ditemukan pelezat, pemanis, pengawet yang tidak baik dikonsumsi secara terus-menerus.

Perasa sintetis akan mengganggu metabolisme tubuh manusia. Selain itu, harga jajanan lebih murah karena bahan baku yang dibeli kurang berkualitas. Moms, tentu tidak ingin anak Moms mengkonsumsi jajanan seperti itu kan.

Apalagi saat ini sedang pandemi Covid-19, belum tentu tangan penjual jajanan-nya bersih. Penjualnya sehat juga kita belum tahu. Penjualnya sering batuk dan bersin-bersin, juga kita tidak tahu.

Bahkan penjualnya mengandung covid-19 di dalam tubuhnya yang tampak sehat, kita juga tidak tahu. Karena itu, Moms, alangkah bijak kalau jajanan anak dibuat sendiri di rumah baik pada masa pandemic covid-19 maupun tidak.

Bahkan untuk mengisi waktu luang di rumah, anak-anak bisa kita ajak membuat sendiri jajanan kesukaan mereka. Anak-anak akan mendapat pengalaman baru membuat jajanan di rumah yang nantinya menjadi bekal cerita di sekolah kalau sudah mulai aktif ke sekolah lagi. Umumnya, Bapak Ibu guru bertanya pengalaman selama liburan.

Hai Moms! Tuh, anak sudah mulai rewel dan merengek bosan ingin keluar rumah kan? Anak-anak pengin jajanan yang di luar sana. Anak-anak sudah bosan dengan jajanan di rumah. Tentu kita khawatir dong mengingat kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk di rumah aja akibat pandemi corona.

Nah, sebenarnya kita bisa tuh mengalihkan kebosanan anak selama Covid-19 dengan mengajak mereka membuat jajanan yang sehat juga disukai anak-anak. Dijamin anak betah di rumah deh. Apa aja camilan itu? Yuk simak tips-tips berikut ini:

1. Membuat Telur Gulung

Siapa sih yang gak tahu telur gulung? Resep masakan ini  mudah dilakukan. Semua anak pasti suka. Jajanan ini biasanya ada di lingkungan sekolah atau perumahan.

Sebenarnya jajanan ini termasuk jajanan yang sehat lho karena mengandung protein yang berasal dari telur itu sendiri. Selain itu, cara pembuatannya cukup mudah.

Bahan-bahan yang diperlukan hanyalah telur, air, dan garam. Cara membuatnya; pertama pecah dan kocok 3 telur ayam, tambahkan garam, kemudian kocok hingga berbuih. Masukan sedikit air kira-kira 200ml kemudian kocok kembali.

Tuang 3 sendok makan adonan telur ke dalam minyak yang sudah benar-benar panas. Kemudian gulung dengan tusukan bambu. Oh iya, Moms bisa menambahkan saus untuk memperlezat jajanan itu.

2. Membuat Cilok Salome

Wah, pasti udah pada tahu kan jajanan yang cukup fenomenal ini. selain enak jajanan ini juga dikenal murah. Maklum bahan utamanya hanya tepung kanji yang cukup terjangkau harganya. Mudah didapat juga karena banyak tersedia di warung dan toko.

Cara membuatnya pun cukup sederhana. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung terigu, telur, bawang putih, merica, garam.

Untuk membuat biang, panaskan 200gram tepung terigu dan air. Aduk hingga mengental kemudian dinginkan. Campur 500gram tepung kanji dengan tumbukan garam, merica, dan bawang putih.

Kemudian masukan campuran tersebut ke dalam adonan biang. Jangan lupa, masukan 2 butir telur. Aduk hingga merata hingga bisa dibulatkan. Masukan bulatan cilok itu ke dalam air yang mendidih. Ajak Anak Bikin Camilan, Cegah Bosan di Rumah Saat Covid-19

Cilok salome panas siap dihidangkan. Ups, jangan lupa sausnya Moms! Hihi.. tapi ingat sausnya juga buatan sendiri lho Moms. Bisa saus pedas dari cabai murni, bisa juga kita buat saus tidak pedas dari tomat murni.

3. Membuat Tahu Crispy

Siapa sih yang gak suka tahu? Hampir semua orang Indonesia suka sama camilan ini apalagi kalau digoreng Crispy. Anak-anak juga pasti suka lho Moms. Terlebih jika kita membuatnya sendiri, bisa lebih sehat dengan minyak yang baru.

Nah, untuk cara membuatnya juga terbilang mudah kok. Bahan-bahan yang digunakan hanya tahu putih, tepung terigu, garam, merica dan bawang putih. Pertama, haluskan 2 siung bawang putih, merica, dan garam.

Kemudian masukan bumbu itu ke dalam 500gram tepung terigu. Masukan sedikit air dan aduk hingga rata. Sebelum menggorengnya, siapkan minyak goreng hingga benar-benar panas.

Masukan tahu ke dalam adonan dan goreng deh! Ingat moms, untuk membuat tahu kita benar-benar Crispy kuncinya di minyak yang panas. Jadi jangan terburu-buru untuk menggorengnya ya!

4. Membuat Sosis Bakar

Hmmm…denger namanya aja udah bisa bayangin enaknya Camilan yang satu ini. Siapa sih yang ga suka sosis? Pasti semua pada suka, apa lagi anak-anak. Terlebih kalau dibakar dengan bumbu yang pas, seperti yang biasa kita beli di warung-warung kuliner.

Nah Moms, kunci dari jajanan ini adalah pada bumbunya. Untuk membuat bumbunya cukup mudah. Pertama panaskan mentega ke wajan lalu matikan. Campurkan saos tiram, saos cabai, dan sedikit kecap manis ke dalam lelehan mentega tersebut.

Jika sudah tercampur dengan merata, kemudian kuaskan bumbu tersebut pada sosis yang sudah disayat ya Moms! Fungsinya agar ketika dibakar, sosisnya bisa matang secara merata. Sosis yang sudah tercampur dengan bumbu sudah bisa di bakar dalam api sedang.

5. Es Krim Milo

Moms, jajanan es yang satu ini dijamin pasti anak-anak suka banget. Terlebih rasa coklat dari susu milo memang enak apalagi jika dibuat es krim. Nah bagaimana cara membuatnya? Gampang kok. Bahan-bahannya terdiri dari 200gram susu kental manis, 60gram bubuk milo dan 350 ml whipping krim cair.

Artikel terkait:

Anak Masih Bosan di Rumah dengan 9 Tips, Ini Cara yang Asyik

9 Tips Cegah Rasa Bosan pada Anak di Rumah Selama Covid-19

Pertama, ajak anak mencampurkan bubuk milo ke dalam susu kental manis hingga merata. Sementara itu, aduk whipping krim cair dengan mixer atau bisa juga manual. Setelah berbuih, campurkan whipping krim itu ke dalam campuran bubuk milo dan susu kental manis.

Aduk kembali ketiga bahan itu dengan mixer. Masukan semuanya ke dalam wadah tertutup atau container box. Tutup hingga rapat agar tidak ada udara yang masuk. Letakan di freezer sekitar 5 jam. Es krim milo pun siap untuk disajikan pada anak.

6. Omelet Brokoli

Bahan dasarnya mudah sudah sering tersedia di rumah Moms. Bahannya berupa telur dan brokoli. Moms tahu kan, brokoli kaya akan serat. Kalau disajikan dalam bentuk sayur, anakcenderung menolak.

Tapi, kalau brokoli ada di dalam omelet, jadi lain deh ceritanya. Brokoli dapat melengkapi asupan serat dan kalsium yang dibutuhkan anak.

Bumbu omelet brokoli cukup sederhana, Moms: bawang putih, bawang merah, garam. Cara membuatnya juga mudah. Kocok dua butir telur Bersama bumbu yang sudah dihaluskan. Brokoli dicuci dengan air yang mengalir lalu dirajang kecil.

Masukkan rajangan brokoli ke dalam kocokan telur. Lalu goreng. Jadi deh omelet brokoli yang siap santap selagi hangat. Untuk memperkaya rasa, tambahkan susu cair dan keju parut pada omelet buatan Moms. Pasti anak suka, Enaak sih.

artikel terkait:

9 Tips Belanja Saat Covid-19: Jangan Terima Uang Kembalian

Gimana Moms? Tertarik untuk buat jajanan untuk anak-anak seperti menu di atas? Di jamin deh anak-anak bakal betah di rumah. Moms, membuat jajanan di rumah juga banyak manfaatnya lho. Apalagi membuatnya dilakukan dengan anak.

Bagi anak, ia dapat mengurangi rasa bosan di rumah terus sebagai mana pesan pemerintah “di rumah aja.” Bagi keluarga, akan mengkonsumsi jajanan yang sehat dan higienis. Jajanan yang aman dikonsumi dan membebaskan kita dari rasa was-was.

Ini lho Moms, manfaat kita membuat jajanan sendiri dengan melibatkan Anak.

  • Sehat karena jajanan kita tidak menggunakan zat pewarna kimia. Moms, sudah punya ide lebih suka memilih zat pewarna alami, dan zat pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi. Jajanan yang Moms buat juga tidak menggunakan pemanis buatan, pelezat, pengawet, pengenyal.
  • Terpenuhi kebutuhan nutrisi anak karena bahan baku yang dipilih dan jenis jajanan yang dibuat sudah mempertimbangkan kebutuhan gizi anak secara variatif.
  • Higienis karena penyajian jajanan yang dibuat sendiri menggunakan wadah yang bersih, bukan lembaran koran atau kertas bekas. Tempatnya tertutup, terbebas dari debu dan lalat.

Ajak Anak Bikin Camilan, Cegah Bosan di Rumah Saat Covid-19

  • Peralatan yang digunakan juga lebih terkontrol kebersihannya. Dapur menjadi lebih bersih karena setelah masak bersama masih ada tenaga untuk merapikan dan membersihkannya kembali seperti semula.
  • Jangan ragu, Moms, ajaklah anak membuat jajanan bersama. Dengan keterlibatan anak dalam proses membuat jajanan di rumah, kemungkinan besar anak-anak lebih bersemangat untuk menikmati jajanan kreasi bersama keluarga.
  • Moms bisa mengajak anak membuat kreasi jajanan anak yang disukai dan praktis cara membuatnya. Kalau perlu, Moms membuat jajanan itu atas usulan dari anak. Pasti mereka semangat ikut terlibat membuatnya, dan juga semangat menikmatinya.
  • Beri acungan jempol, ide anak memang hebat. Anak akan menjadi percaya diri, dan makin berhasrat untuk menyampaikan usul yang lain.
  • Kehangatan keluarga semakin erat, dan mampu menimbulkan keterikatan satu sama lain, baik itu ayah, bunda, dan anak-anak. Membuat jajanan atau memasak bersama anak akan menciptakan pengalaman baru bagi anak sekaligus membangun kedekatan di antara anggota keluarga. Suasana dalam keluarga pun akan semakin hangat dan harmonis.
  • Melibatkan anak membuat jajanan atau memasak sejak dini akan membentuk pembiasaan tingkah laku yang positif. Anak dapat belajar membuat masakan dan jajanan yang sehat, kreatif, dan higienis dari Moms.
  • Keterlibatan anak bisa dilakukan mulai dari menyiapkan menu, bahan, proses memasak, hingga ke penyajian hidangan.
  • Melatih motorik, dan menciptakan memori. Membuat jajanan atau memasak apa saja, tentu akan melibatkan otot-otot untuk bergerak. Baik memotong, memetik, mencuci, maupun menumbuk akan memerlukan Gerakan kasar.
  • Secara tidak langsung. Gerakan memasak itu melatih motorik kasar anak. Selain itu, otak anak dapat merekam semua kegiatan membuat jajanan atau memasak lainnya. Hal ini akan menciptakan memori yang kuat pada diri anak.

Mungkin itu dulu ya Moms menu-menu yang bisa diberikan dan diajarkan ke anak-anak. Tunggu tips parenting lainya dari kurdefrin.com yang bakal dishare setiap harinya. Terimakasih! Have a nice day!

Referensi: dari Berbagai Sumber.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *