Balok Karakter Asyik Buat Bermain Bersama Anak dan Orang Tua

Balok Karakter Asyik Buat Bermain Bersama Anak dan Orang Tua 

kurdefrin.com – Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain sebenarnya bagi anak adalah proses belajar. Belajar nama hewan, nama benda, warna, bentuk, jumlah, kegiatan, dan lainnya dilakukan dalam bentuk bermain.

Oleh karena itu, orang tua sudah selayaknya memilihkan alat permainan yang edukatif, yakni permainan yang bersifat mendidik dan mampu merangsang berbagai aspek perkembangan anak.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama 

1. Macam-Macam Permainan

Bermain Boneka

Boneka ini sangat identik dengan anak terutama anak perempuan. Orang tua dapat dipastikan akan membelikan mainan boneka bagi bayi perempuan untuk yang pertama kalinya. Jadi, boneka itu permainan yang biasa banget. Tapi, permainan ini anehnya ya disukai anak-anak perempuan.

Bagi orang tua, permainan boneka ini dapat difungsikan sebagai alat mengenalkan anggota tubuh pada anak mereka. Bisa juga, boneka dijadikan sebagai media bermain peran bagi anak dan orang tua. Anak perempuan dapat dilatih bertanggung jawab melalui permainan boneka. Anak diajak merawat boneka sebagaimana ibu merawat bayinya.

Puzzle

Orang tua masa kini tentu tidak asing dengan permainan anak yang satu ini. Banyak ragamnya, mulai dari kepingan puzzle sederhana hingga yang rumit mudah dicari di pasaran. Orang tua tinggal pilih, jenis puzzle mana yang yang sesuai dengan usia anak.

Puzzle merupakan mainan anak yang bermanfaat bagi anak. Bermain puzzle dapat melatih motorik halus anak. Selain itu, kemampuan berpikir dan imajinasi anak akan berkembang dengan bermain puzzle. Kemampuan memecahkan masalah juga dapat diperoleh melalui bermain puzzle.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama 

Permainan Aktivitas Sehari-hari

Mainan perlengkapan masak-masakan, perlengkapan bermain dokter-dokteran, permainan orang-orangan, dan permainan telepon, teleponan. Ragam permainan ini merangsang anak untuk berimajinasi sehingga mampu mengembangkan kreativitas anak.

Permainan-permainan tersebut bisa membuat anak dekat dengan kehidupan sehari-hari. Permainan tersebut adalah permainan tiruan dari kebiasaan yang dialami anak setiap hari. Anak belajar memasak-masakan tentu akan mudah dilakuan karena ia terbiasa melihat aktivitas tersebut.

Tebak Gambar

Permainan tebak gambar ini mudah dilakukan. Anak diminta menebak nama benda pada gambar yang ditunjuk. Jika anak sudah kenal dengan benda yang ada pada gambar, ia akan mudah menebak gambar tersebut.

Permainan tebak gambar dapat melatih anak mengenal berbagai macam benda yang ada di sekitar anak. Selain itu, permainan tebak gambar dapat melatih konsentrasi anak, serta menambah kosakata anak mengenai nama-nama benda yang menjadi bahan tebakan.

Bermain Pasir

Orang tua tidak harus selalu berpikir mengajak anak ke pantai untuk bermain pasir. Karena untuk saat ini, alat permainan pasir buat anak sudah tersedia di toko. Bahkan permainan ini sudah dilengkapi dengan peralatan pendukungnya. Seperti truk pengangkut pasir, sekop, dll.

Melalui permainan pasir, anak dapat mengembangkan kreativitasnya dengan membuat aneka bentuk benda dengan pasir. Anak juga bisa membentuk benda alam seperti gunung dengan menggunakan pasir.

2. Hal yang harus Dipertimbangkan

Orang tua dan anak harus mempertimbangkan beberapa hal pada saat akan bermain bersama. Permainan yang dipilih adalah permainan yang menyenangkan dan mendidik.

Dalam permainan, anak tidak harus selalu dalam posisi yang dimenangkan, dan orang tua selalu dalam posisi kalah. Orang tua harus berperan sebagai teman bagi anak. Beri kesempatan anak untuk memilih mainan.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

3. Balok Karakter

Bermain balok merupakan permainan yang disukai oleh anak-anak. Selain disukai, bermain balok juga banyak manfaatnya bagi perkembangan anak secara totalitas.

Variasi bentuk, ukuran, warna, dan berat balok dapat menunjang berkembangnya kemampuan anak. Saat bermain balok, anak bebas mengeluarkan imajinasi dan keinginannya sehingga menemukan gagasan baru yang kreatif.

Balok adalah alat bantu dalam bermain anak yang berupa potongan-potongan kayu yang sama tebal, panjang, dan lebarnya. Bentuknya bermacam-macam, bisa berupa kurva, silinder, segi empat, persegi, segitiga, dll.

Dan setengah dari potongan balok juga disediakan, tetapi semua dengan panjang yang sama yang sesuai dengan ukuran balok-balok dasar.

Makna Balok karakter adalah permainan balok yang dirancang dengan tema dan konstruksi yang khusus, lengkap dengan konstruksi pendukungnya. Balok karakter bisa juga disebut balok tematis karena mengandung tema tertentu.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

Bermain balok karakter adalah jenis kegiatan lebih dari bermain balok biasa yang sifatnya konstruktif dan tematis. Anak diharapkan mampu menyusun balok karakter sehingga membentuk suatu bangunan yang utuh dan lengkap dengan konstruksi pendukungnya.

Permainan balok karakter akan terasa lebih asyik jika dimainkan dengan kedua orang tua. Dimana masing-masing individu bisa saling bekerja sama membangun suatu konstruksi melalui pembagian tugas sesuai bidangnya masing-masing.

Misalnya: permainan balok karakter mengenai konstruksi rumah. Antara ayah, ibu, dan anak bisa saling bertugas dan bekerja sama membangun konstruksi rumah. Ayah bertugas membangun kesatuan rumah secara utuh dibantu ibu dan anak.

Jika satu kesatuan konstruksi rumah sudah terbangun, Ibu mengontruksi ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, dapur, dan kamar kecil. Anak bertugas menyusun peralatan rumah tangga seperti meja, kursi, almari, dll. Ayah melengkapi bangunan rumah dengan pagarnya.

Inilah salah satu contoh bermain balok karakter bangunan rumah lengkap dengan ruang-ruang dan seisinya. Balok karakter untuk bangunan rumah itu dibangun selayaknya rumah biasa. Hanya  saja bangunan rumah ini terbuat dari balok.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

Konsepnya adalah konsep rumah yang sesungguhnya. Ketika bermain balok karakter, ayah ibu dan anak berimajinasi seolah-olah akan membangun rumah yang sesungguhnya.  Bisa saja rumah mereka sendiri yang menjadi inspirasi.

Jadi, di dalam pikiran masing-masing individu sudah ada gambaran mengenai rumah, ruangan setiap rumah, isi rumah, dan pagar yang mengelilingi rumah. Inilah yang dimaksud dengan konsep permainan balok karakter.

Keterampilan bermain balok karakter bersama adalah kemampuan anak dan orang tua dalam mengontruksikan struktur bangunan yang lengkap untuk mengungkapkan ide-ide kreatif sesuai dengan tema balok yang dipilihnya.

Permainan balok karakter merupakan permainan yang menggunakan aktivitas otak besar. permainan ini dapat mengembangkan koordinasi mata dan tangan, dan melatih motorik halus.

Selain itu, permainan balok karakter dapat melatih anak dalam memecahkan masalah. Dan memberikan kebebasan pada anak untuk berimajinasi sehingga tercipta ide-ide baru.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

4. Jenis-Jenis Balok Karakter

Balok karakter, sebagaimana permainan balok biasa, itu dapat diketahui ada dua macam, yaitu balok yang terbuat dari kayu dan terbuat dari plastik. Orang tua tidak perlu membuat sendiri permainan balok karena sudah banyak tersedia di pasaran.

Aneka jenis dan tema dari balok karakter juga biasa sudah tersedia dan beragam. Ada balok karakter bertema rumah, ruang-ruang fasilitas di dalam rumah, perlengkapan rumah tangga, garasi, pagar, dll.

Ada juga permainan balok karakter sebuah tempat rekreasi seperti Dufan. Di dalam tempat rekreasi tersebut terdapat aneka permainan, dan fasilitas pendukungnya.

Aneka permainan dan fasilitas pendukung tempat rekreasi Dufan itu, misalnya: istana boneka, arung jeram, kora-kora, halilintar, komedi putar, kantin, restoran, fasilitas kamar kecil, fasilitas ibadah, pengunjung, petugas kebersihan, Unit Kesehatan, taman, dll.

Permainan balok karakter bertema rekreasi ini menggambarkan tempat rekreasi sedang beroperasi. Sangat asyik dan seru dimainkan anak bersama ayah dan ibu. Suasana permainan pun akan menyenangkan. Perkembangan kecerdasan anak pun akan terbimbing pada saat bermain bersama.

Permainan balok karakter bangunan rumah dan tempat rekreasi sudah dilakukan bersama. Hasilnya sangat memuaskan. Sungguh mengasyikkan, semua terhanyut dalam permainan balok karakter. Balok Karakter Asyik Buat Bermain Bersama Anak dan Orang Tua

Bisa jadi, permainan balok karakter akan menginspirasi anak untuk mejadi seorang arsitek yang humanis karena mampu bekerja sama dengan orang lain, dalam hal ini bekerja sama dengan ayah ibu. Hal inilah yang menjadi keunggulan permainan balok karakter.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

Jenis balok karakter lain yang bisa dimainkan anak bersama ayah dan ibu adalah balok karakter bangunan sekolah.  Untuk Balok karakter ini terdiri atas pintu gerbang, ruang kelas, perpustakaan, kantin, laboratorium yang dilengkapi dengan peralatannya seperti: meja, kursi, almari, dll.

Kemudian Balok karakter yang digunakan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan anak, bisa kita pilih balok karakter tempat ibadah seperti masjid, musola, dll. Balok karakter masjid ini bisa berisi bangunan masjid, menara masjid, pintu gerbang, orang-orang sedang sholat, dll.

Jenis balok karakter lainnya adalah konstruksi bangunan pasar atau supermarket yang terdiri atas deretan kios, barang dagangan, dll. Bisa juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya yang menggambarkan kondisi nyata pasar atau supermarket yang sesungguhnya.

Ada juga jenis balok karakter lainnya yaitu balok karakter komplek perumahan, show room kendaraan motor atau mobil. Ini bisa dilengkapi dengan tempat duduk petugas, pengunjung, deretan kendaraan yang dijajakan.

Jenis balok karakter lainnya adalah balok karakter sepetak taman bermain atau kebun binatang. Fasilitas pendukungnya bisa bermacam-macam yang menyerupai taman bermain dan kebun binatang pada umumnya dalam kondisi nyata.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

Permainan balok karakter itu sebenarnya sudah tersedia di pasaran. Orang tua tinggal memilih jenis balok karakter apa yang ingin dimainkan bersama. Jenis itulah yang dibeli.

Tapi, demi membantu perkembangan kecerdasan, koordinasi tangan dengan mata, motorik halus, dan kerjasama anak, enggak salah deh jika orang tua menyediakan aneka balok karakter buat bermain bersama. Orang tua tidak bakalan rugi. Maka, sempatkanlah bermain bersama anak.

Justeru sebaliknya, keberuntungan akan dirasakan orang tua. Orang tua akan memiliki anak yang semakin canggih otak dan kemampuan lainnya. Anak bakal menjadi kebanggaan orang tua dan keluarga. Kemampuan berpikirnya akan lancar jika anak bersekolah nanti.

Jika permainan balok karakter yang diinginkan belum tersedia, orang tua bisa merancang dan membuatnya sendiri. Bahan yang dibutuhkan adalah balok yang tidak terlalu keras, sehingga mudah dibentuk., dan cat untuk pewarnaan potongan balok.

Peralatan yang dibutuhkan juga sederhana. Pisau, pahat, amplas, kardus, dan aneka pola bentuk. Jika digarap dengan serius, satu perangkat balok karakter dapat dikerjakan dalam waktu satu hari.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

5. Cara Bermain Balok Karakter Bersama

Bermain bagi anak merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Apalagi bermain balok karakter bersama ayah dan ibu. Pasti asyik dan seru. Akan terukir kenangan indah di benak anak sebab kebahagiaan anak bermain bersama akan terasa sampai dewasa.

Bermain adalah suatu kegiatan secara berulang-ulang dan menimbulkan kepuasan atau kesenangan bagi diri sendiri (Piaget). Tujuan utama bermain adalah memelihara perkembangan atau pertumbuhan optimal anak usia dini melalui pendekatan bermain yang kreatif dan terintegrasi dengan lingkungan anak.

Agar tujuan bermain balok karakter dapat terpenuhi, orang tua harus mengetahui cara bermain balok secara tepat. Berikut ini adalah langkah-langkah bermain balok yang tepat.

  1. Siapkan tempat bermain balok karakter yang cukup memadai untuk minimal tiga orang, ayah, ibu, dan anak.
  2. Anak, ayah, ibu duduk bersama di atas hamparan karpet untuk persiapan bermain balok karakter bersama-sama.
  3. Ayah atau Ibu menerangkan cara bermain balok karakter dan pembagian tugas yang akan mereka lakukan.
  4. Ayah atau ibu memasang alas berbentuk segi empat untuk meletakan permainan balok karakter yang akan mereka susun bersama.
  5. Agar lebih asyik dan seru, sebelum merangkai balok karakter, ajaklah ayah dan anak dan ibu bernyanyi bersama beberapa lagu anak yang ceria dan menggembirakan. Bernyanyilah dengan iringan tepuk tangan agar tangan mereka lentur dan memudahkan untuk Menyusun balok.
  6. Anak, ayah, dan Ibu mulai menyusun balok-balok tersebut membentuk bangunan sesuai dengan pembagian tugas. Misalnya ada yang merangkai bangunan rumah, perlengkapan ruang di dalam rumah, garasi, pagar, dll.
  7. Selesai menyusun balok menjadi bangunan rumah lengkap dengan peralatan dan pagarnya, anak diminta mengambil orang-orangan untuk ditempatkan di tempat duduk ruang tamu. Jadi, seolah-olah di dalam rumah sedang ada tamu.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

 6. Manfaat Bermain Balok Karakter

 Dorongan Komunikasi

Agar dapat bermain balok karakter bersama ayah dan ibu, anak harus belajar berkomunikasi. Anak belajar memahami pengarahan, petunjuka, atau isi pembicaraan orang tua. Anak juga harus bisa bertanya, mengemukakan, dan menolak pendapat pada saat bermain balok karakter.

 Penyaluran Energi

Permainan balok karakter merupakan sarana bagi anak untuk menyalurkan bakat, minatm dan karakternya. Anak dapat menyalurkan ketegangan akibat aturan-aturan yang diberlakukan orang tua dan lingkungannya.

 Pengembangan Wawasan

Dengan bermain balok karakter, wawasan anak menjadi luas berkaitan dengan konstruksi atau bangunan beserta fasilitas pendukungnya. Permainan balok karakter yang dimainkan secara bersama, ayah dan ibu dapat mengetahui tingkat kemampuan anak mengenai konstruksi.

Belajar Bermasyarakat

Permainan balok karakter mempunyai komponen yang kompleks karena lengkap. Permainan ini jika dilakukan bersama terutama bersama ayah ibu, anak akan belajar bermasyarakat. Anak akan belajar membentuk hubungan kekeluargaan, social, dan mampu memecahkan masalah akibat hubungan mereka.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi

Bermain balok karakter akan membuat anak menjadi kreatif. Anak melahirkan sesuatu yang baru, dan relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas anak akan muncul melakui permainan balok karakter. Balok Karakter Asyik Buat Bermain Bersama Anak dan Orang Tua

Kreativitas merupakan suatu proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan atau produk baru, atau mengobinasikan antara keduanya yang akhirnya akan melekat pada diri anak.

Baca Juga:

Cara Mudah Meningkatkan Kreativitas Anak: Latihkan di Rumah

Mainan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak

Anak juga mampu mengeluarkan ide, gagasan, produk baru, dan menunjukkan sikap kerja sama. Anak dapat mengubah bentuk menjadi bentuk lainnya. Karya anak berbeda dengan karya lainnya. Bahkan, anak dapat menambah bentuk baru pada karya yang ada.

Imajinasi dan inisiatif anak muncul dengan kuat. Kreativitas itu berhubungan dengan imajinasi. Dari imajinasi inilah akan muncul inisiatif dan daya cipta atau kreativitas. Imajinasi ini membutuhkan pengalaman batin anak yang diperoleh melalui bermain balok karakter bersama.

Anak juga menjadi lebih percaya ciri. Anak yang percaya diri akan mudah berinteraksi dengan orang lain. Tidak hanya antar anak-anak, ia juga mampu berinteraksi dengan orang dewasa. Anak juga akan lebih pandai bergaul, dan tidak malu bertanya.

Anak juga mempunyai minat yang luas. Ia mempunyai kebebasan dalam berpikir dan ingin mendapat pengalaman baru. Anak menjadi penuh semangat, apalagi bermainnya dilakukan bersama orang tua. Anak juga lebih berani mengambil risiko, lebih berani bertanya, dan berpendapat beserta alasannya.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

Melatih Kesabaran

Permaianan balok karakter memerlukan ketelitian. Untuk menyusun bentuk, warna, dan ukuran yang tepat memerlukan waktu. Hal ini melatih kesabaran anak, ayah, dan ibu sehingga terbentuknya konstruksi balok dengan tepat, baik, dan indah.

Orang tua saatnya mengenal kualitas emosi anak. Sabar atau tidaknya, tekun atau tidaknya, teliti atau tidaknya dapat diketahui saat bermain balok karakter bersama. Orang tua bisa melatih kesabaran, ketelitian, ketekunan anak saat bermain bersama.

Orang tua juga saatnya memberikan motivasi pada anak agar lebih bersabar, lebih teliti, lebih tekun dalam bermain balok karakter. Kesabaran, ketelitian, dan ketekunan akan menghasilkan bentuk balok karakter yang luar biasa.

Belajar Mengenal Konsep

Di dalam balok karakter terdapat aneka bentuk, warna, dan ukuran. Bentuk yang bisa dikenali antara lain bentuk segitiga, persegi, persegi Panjang. Warna yang dapat dilihat anak dalam potongan balok bisa merah kuning hijau biru.

Ukuran potongan balok bisa kecil, sedang dan besar. Bisa juga ukuran berat dan ringannya potongan balok. Bahkan orang tua bisa mengajak anak membandingkan. Potongan balok yang berat dengan yang ringan, yang kecil dengan yang besar, dll.

Pada saat menyusun balok, bisa saja Ayah Ibu menugasi anak mengambil potongan balok yang berbetuk segitiga, atau persegi. “Pilihkan Ayah balok persegi, Nak!” “Ibu minta balok segitiga satu saja, Nak!” Permainan ini digunakan sebagai pelajaran mengenal bentuk sekaligus mengenal jumlah bagi anak.

Potongan-potongan balok cenderung dibuat berwarna-warni. Tentu hal ini dipolakan agar menarik perhatian anak pada awalnya. Selanjutnya, potongan balok yang berwarna-warni itu dapat digunakan untuk melatih anak belajar warna.

Ayah dan Ibu bisa menyuruh anak mengambil potongan balok yang berwarna tertentu. Misalnya: “Ambilkan balok warna merah, Nak!” anak akan melaksanakan perintah orang tua untuk mengambil potongan balok yang berwarna merah.

Konsep ukuran besar, sedang, kecil, berat, ringan juga bisa dikenalkan orang tua pada saat bermain balok karakter bersama. Secara tidak langsung, dan tiada terasa banyak pelajaran yang diberikan orang tua pada saat bermain balok karakter bersama.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

Memecahkan Masalah

Pada saat merangkai potongan balok, bisa saja muncul masalah. Kalaupun masalah tidak muncul karena terlalu mudah, bisa saja orang tua memunculkan masalah. Ayah atau Ibu dengan sengaja merangkai balok secara salah.

Terus Ayah atau Ibu bersandiwara, “Koq ini gak bisa dirangkai ya, gimana ya, Nak? Gimana Ini?” Inilah permasalahan yang dimunculkan. Tujuannya agar anak berpikir membantu itu mencarikan solusi atas permasalahan tadi.

Inilah Ayah Ibu, manfaat bermain balok karakter bersama. Anak bisa diarahkan untuk memahami dan menyelesaikan masalah. Maka, baiknya jangan ditunda, ayolah bermain balok karakter bersama anak.

Pada umumnya, orang tua berusaha memberi kemudahan pada anak. Kali ini, jangan biarkan anak yang selalu memunculkan masalah, tapi orang tualah justeru yang mulai merangsang munculnya masalah.

Lantas masalah itulah disodorkan pada anak untuk menyelesaikannya. Kondisi ini akan memotivasi anak untuk memahami masalah, mencari solusi, dan memecahkan masalah. Beri pujian donk, jika anak mampu menyelesaikan masalah.

Sebagai bahan pengujian kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah, gantian donk. Sekarang, ayah yang memunculkan masalah. Masalah yang dimunculkan lebih sulit tentunya dari masalah yang pertama dari Ibu tadi.

Hal ini bertujuan agar anak mampu menyelesaikan berbagai masalah dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Inilah cara mendidik dan memberi pelajaran pada anak yang dapat dilakukan saat bermain balok karakter bersama.

Balok Karakter Asyik Buat Bermain Bersama Anak dan Orang Tua

Intinya, posisikanlah Ayah dan ibu itu seolah-olah memiliki kemampuan lebih rendah dari anak. Posisikanlah kemampuan anak seolah-olah lebih tinggi dari Ayah dan Ibu. Hal iniakan memotivasi anak untuk lebih aktif berpikir untuk membantu kesulitan ayah dan Ibunya.

Balok Karakter Buat Bermain Bersama

Mengembangkan Jiwa Sosial Anak

Contoh nyata yang telah dijelaskan di atas, kondisikanlah agar anak lebih banyak berperan pada saat melakukan permainan balok karakter bersama. Kesulitan Ayah dan Ibu akan dengan sertamerta dibantu anak.

Jiwa sosial anak berupa keinginan membantu kesulitan orang lain, atau kesulitan Ayah dan Ibu saat merangkai balok karakter akan muncul secara alamiah.

Pertama, anak akan memahami adanya kesulitan. Kedua, muncul ide untuk membantu. Ketiga, adanya Tindakan anak membantu. Di sinilah, jiwa sosial anak akan muncul dengan baik. Apalagi yang dibantu itu adalah kesulitan Ayah dan ibunya.

Melatih Anak Mengembangkan Motorik Halusnya

Permainan balok karakter memerlukan kerja tangan, jari tangan baik tangan kiri maupun tangan kanan. Tangan anak akan aktif mengambil, memilih, merangkai, dan menggenggam balok-balok tersebut hingga membentuk konstruksi bangunan tertentu.

Motorik halus itu gerakan tubuh manusia yang menggunakan otot halus seperti pada jari-jemari. Pada saat bermain balok karakter, jari-jemari anaklah yang aktif melakukan pekerjaan menyusun balok. Karena itu, bermain menyusun balok dapat meningkatkan motorik halus anak.

Permainan balok karakter, juga meningkatkan koordinasi atau kerja sama antara otot jari-jemari dengan mata. Koordinasi mata dengan tangan dan jari-jemari yang bagus dapat menghasilkan karya yang bagus pula. itulah aneka manfaat bermain balok karater bersama orang tua.

Demikianlah penjelasan mengenai permainan balok karakter yang asyik buat bermain bersama anak & orang tua. Selamat bermain balok karakter bersama anak, semoga sukses.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *