Ini Bahan Belajar Eksperimen, Asyik Buat Anak Usia 3-4 Tahun

PenIni Bahan Belajar Eksperimen, Asyik Buat Anak Usia 3-4 Tahun

kurdefrin.com – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ekspreimen mempunyai arti percobaan. Percobaan ini bersistem dan berencana untuk membuktikan kebenaran suatu teori dan sebagainya.

Agar anak dapat melakukan eksperimen, sebaiknya dikenalkan lebih dahulu mengenai istilah eksperimen. Eksperimen adalah percobaan. Maksud eksperimen itu adalah tindakan dan pengamatan yang dilakukan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari sesuatu.

Eksperimen itu tindakan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek yang diteliti. Karena eksperimen ini diperuntukan bagi anak, eksperimennya dilakukan secara sederhana.

Istilah yang digunakan juga baiknya disederhanakan. Misalnya kata eksperimen diperkenalkan dengan istilah percobaan. Istilah “hipotesis” kita perkenalkan pada anak dengan kata “dugaan.”

Ada banyak contoh eksperimen yang bisa Bunda kenalkan pada anak. Misalnya: eksperimen pembentukan pelangi, pembuatan awan buatan, pemanasan air berbeda massa, pembuatan rangkaian listrik paralel, gerak jatuh bebas pada kertas dan koin, dll

Bahan Belajar Eksperimen Anak 

Bunda, tentu masih ingat apa itu bahan belajar bagi anak. Pengertian Bahan belajar adalah seperengkat materi keilmuan yang terdiri atas fakta, konsep, prinsip, generalisasi suatu ilmu pengetahuan.

Bahan belajar adalah segala sesuatu yang digunakan untuk membantu Bunda belajar bersama anak. Bahan belajar bisa berbentuk tertulis maupun tidak tertulis. Bunda diharapkan asyiik bermain sambil belajar melalui kegiatan eksperimen.

Jika hendak mencari bahan untuk membantu melatih anak baiknya memperhatikan kriteria bahan belajar. Secara umum, bahan ajar itu harus sesuai tujuan. Orang tua mau melatihkan anak agar anak bisa apa atau mampu apa.

Misalnya agar anak paham mengenai kekurangan gambar wajah. Selain itu, agar anak dapat bersikap dan berbuat terhadap bahan ajar yang dilatihkan orang tua.

Moms, kita ingat kembali ya mengenai kriteria pemilihan bahan belajar bagi anak. Pertama adanya relevansi dengan kebutuhan anak. Lebih baik lagi bisa relevan dengan standar kemampuan anak.

Bahan belajar bagi anak harus menarik dan konsisten atau ajeg. Hal ini berhubungan dengan materi yang diajarkan sesuai dengan kemampuan anak secukupnya.

Bahan Belajar Eksperimen Anak 

Bahan Belajar dengan Eksperimen yang Asyiik Buat Anak Usia 3-4 Tahun

1. Mencampur Warna

Bahan belajar dengan eksperimen buat anak usia 3-4 tahun yang pertama adalah mencampur warna. Bunda, ajaklah Balita menyediakan pewarna makanan berwarna merah dan biru. Sediakan dua gelas kecil berisi air, dan satu gelas kosong, dan tiga sendok.

Larutkan pewarna merah ke dalam gelas berisi air, dan aduk-aduk dengan sendok. Lalu larutkan juga pewarna biru ke dalam gelas berisi air lainnya, aduk-aduk juga dengan sendok. Beri kesempatan pada Balita untuk melakukannya.

Kemudian masukkan dua sendok larutan berwarna merah ke dalam gelas kosong yang tersedia tadi. Masukkan pula larutan berwarna biru ke dalam gelas yang sama. Aduk-aduklah. Apa yang akan terjadi. Tentu Balita akan senang melihat adanya perubahan warna yang terjadi.

Eksperimen mencampur warna tidak harus dalam bentuk cairan. Bunda bisa mengajak Balita mencampur warna dengan tepung terigu. Tangan Balita akan lebih aktif Ketika proses mencampur warna dengan tepung. Ini Bahan Belajar Eksperimen, Asyik Buat Anak Usia 3-4 Tahun

Kegiatan eksperimen diupayakan semenarik mungkin, Bunda. Ini dalam rangka pengendalian pada Balita agar mudah diarahkan. Ketika Balita akan bertindak seseuai kemauannya, cobalah alihkan pada aktivitas yang melibatkan pekerjaan jari-jemari.

Bahan Belajar Eksperimen Anak 

2. Mencampur Air dengan Minyak Goreng

Bahan belajar dengan eksperimen buat anak usia 3-4 tahun yang kedua adalah mencampur air dengan minyak goreng. Bunda mengajak Balita melakukan percobaan berupa mencampur air dengan minyak goreng. Caranya sederhana saja koq, Bunda.

Sediakan dua mangkuk kecil. Satu mangkuk berisi air. Satu mangkoknya berisi minyak goreng. Dan sediakan juga satu mangkuk kosong dan satu sendok untuk mengaduk-aduk campuran. Libatkan Balita menyiapkan semua peralatan yang diperlukan.

Ajaklah Balita duduk di atas karpet. Lapisi Sebagian karpet dengan plastik agar cairan tidak tumpah pada karpet. Sediakan juga tisu atau serebet makan.Letakkan kedua mangkuk di hadapan Balita.

Kemudian Balita diminta melihat Bunda mencampurkan minyak ke dalam mangkuk air. Apa yang terjadi? Air berada di posisi bawah, minyak goreng berada di posisi atas. Air tidak mau bercampur dengan minyak.

Setelah menyaksikan Bunda mencampur air dengan minyak goreng, Balita diminta melakukan hal yang sama. Balita diminta mencampurkan minyak ke dalam mangkuk air. Atau sebaliknya. Beri pujian jika Balita berhasil melakukannya.

Baca Juga:  5 Bahan & Media Belajar yang Tepat bagi Anak Usia 3-4 Tahun

Bahan Belajar Eksperimen Anak 

3. Roket Pasta

Bahan belajar dengan eksperimen buat anak usia 3-4 tahun yang ketiga adalah membuat roket pasta. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebuah gelas kaleng dengan tutup cincin (lubangi tutupnya), hedrogen peroksida, ragi bubuk, dan pasta dengan lubang di tengahnya.

Anak diminta mengisi gelas kaleng dengan hedrogen peroksida. Campur dengan 1 sendok the ragi bubuk. Anak diminta mengaduk-aduknya. Pasang tutup gelas kaleng dan letakkan pasta di atas tutup gelas yang sudah dilubangi. Nyalakan api diujung pasta. Mesin roket pasta siap meluncur.

4. Es Elsa

Bahan belajar dengan eksperimen buat anak usia 3-4 tahun yang keempat adalah membuat Es Elsa. Bahan yang dibutuhkan adalah 500 ml minuman bersoda, misalnya cocacola.

Ajaklah anak memahami cara eksperimen membuat es elsa. Pertama, kocok minuman soda hingga berbusa. Letakkan di dalam freezer selama 3 jam 15 menit. Setelah dingin, kocok jangan dibuka tutup botolnya. Putar tutup botol sedikit terbuka lalu tutup Kembali.

Selanjutnya, anak diminta memutar botol terbalik. Lalu anak akan melihat soda dalam waktu 3 detik di dalam botol. Kemudian tuang isinya ke dalam cangkir. Airnya bisa dinikmati. 

Bahan Belajar Eksperimen Anak 

5. Lumpur Ajaib

Bahan belajar dengan eksperimen buat anak usia 3-4 tahun yang kelima adalah lumpur ajaib. Alat yang dibutuhkan untuk eksperimen membuat lumpur ajaib antara lain: mangkuk besar 2 buah, air panas 1 termos, air jernih, gelas, saringan.

Bahan yang diperlukan adalah 1 kantong penuh kentang mentah sudah dicuci dan dirajang halus. Dan selain itu, diperlukan lagi 1 botol air tonik yang mengandung kina. Pastikan anak dapat memahami alat dan bahan yang dibutuhkan untuk eksperimen lumpur ajaib.

Selanjutnya, anak kita ajak memahami cara eksperimen membuat lumpur ajaib. Pertama taruh kentang rajangan ke dalam mangkuk besar. Tuang air panas ke dalam mangkuk. Aduk-aduk selama beberapa menit sampai berwarna merah berlumpur.

Kemudian, anak diminta menyaring potongan kentang. Dan letakkan ke dalam mangkuk besar lainnya. Diamkan mangkuk besar berisi air kentang sekitar 10, sampai terlihat lapisan berwarna putih-putih di bagian bawah mangkuk.

Lalu, anak diminta membuang air dalam mangkuk, tapi jangan sampai lapisan putihnya terbuang. Biasanya lapisan putihnya akan lengket di dasar mangkuk. Agar lapisan putih menjadi lebih bersih, campurkan air putih dau tuangkan ke dalam gelas.

Anak diminta mengaduk-aduk hingga merata,kemudian diamkan 10 menit. Buang airnya, hingga akan tersisa lapisan putih. Diamkan 2 hari hingga lapisan putih berubah menjadi tepung.

Terakhir, ajaklah anak menuang 3 sendok makan tepung ke dalam mangkuk. Campur dengan beberapa tetes air tonik. Lumpur ajaib siap menyala dalam gelap malam.

Bahan Belajar Eksperimen Anak 

6. Eksperimen Membuat Awan

Bahan belajar dengan eksperimen buat anak usia 3-4 tahun yang keenam adalah eksperimen membuat awan dalam gelas dan botol. Bunda, ajak anak membuat awan di dalam gelas ya.

a. Eksperimen Membuat Awan dalam Gelas

Ajaklah anak menuangkan air panas ke dalam gelas. Anak diminta membuang air panas dalam gelas sekitar sekitar 3/4. Nyalakan korek api kayu di atas gelas, lalu tenggelamkan ke dalam air dalam gelas.

Selanjutnya, masukkan es batu dalam plastik, lalu letakkan di atas gelas/stoples. Bunda dan anak akan mulai melihat kehadiran awan di dalam gelas. Sebuah pemandangan yang sangat menyenangkan.

Bahan Belajar Eksperimen Anak 

b. Eksperimen Membuat Awan dalam Botol

Untuk melakukan percobaan ini, ajak anak menyediakan botol plastik bekas. Ukuran sedang atau besar berukuran 1 liter. Isi botol plastik dengan air hangat cukup untuk menutupi permukaan bawah botol.

Nyalakan korek api, lalu tiup apinyahingga padam. Segera masukkan korek api yang telah padam ke dalam botol. Biarkan asap dari korek api mengisi seluruh permukaan botol.

Selanjutnya, anak diminta menututup botol dengan tutupnya. Pastikan botol ditutup hingga rapat. Pastikan juga gumpalan asap yang berada dalam botol tidak keluar.

Ini Bahan Belajar Eksperimen, Asyik Buat Anak Usia 3-4 Tahun

Peras-peras botol yang sudah ditutup tadi hingga tiga atau empat kali. Diamkan beberapa detik, lalu peras kembali botol. Lihatlah awan buatan anak dan Bunda sudah terbentuk.

Agar menjadi atraksi yang lebih menarik, anak diminta membuka tutup botol, lalu menekan tutup botol. Maka, gumpalan awan berbentuk huruf O akan keluar. Sebuah pemandangan yang indah, Bunda. Anak pasti suka.

Bunda, semua bahan belajar eksperimen bisa dilatihkan pada anak. Tapi, Bunda tidak diperkenankan untuk membiarkan anak melakukan eksperimen sendiri. Semua itu harus dilakukan secara bersama-sama dengan Bunda atau dengan orang dewasa lainnya.

Buatlah kegiatan eksperimen ini sebagai permainan dalam keluarga. Dilakukan dalam suasana santai, ceria, dan riang gembira. Anak tentu akan senang melakukan eksperimen bersama Ayah Bundanya. Selamat mencoba.

Demikianlah penjelasan mengenai bahan belajar dengan eksperimen bagi anak usia 3-4 tahun. Semoga dapat menambah wawasan.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *