Inilah 12 Tanda Kehamilan Istimewa yang Perlu Moms Ketahui

Inilah 12 Tanda Kehamilan Istimewa yang Perlu Moms Ketahui

kurdefrin.com – Keluarga muda masih baru menikah tentu sudah berharap mendapat amanah dari Allah SWT. Adanya suara tangis bayi sudah menjadi dambaan bagi keluarga muda. Belum sempurna rasanya kalau di dalam sebuah keluarga belum ada suara tawa dan tangis bayi.

Beberapa keluarga bisa dengan mudah mendapatkan momongan. Bahkan sampai kesulitan membendung kelahiran anak. Tapi beberapa keluarga muda ada juga yang tidak mudah mendapatkan momongan. Itu semua hanya karena Allah SWT yang mengaturnya.

Karena lama menanti kehamilan, terkadang seorang ibu muda tidak mengetahui seperti apa sih tanda-tanda orang hamil. Berikut ini dijelaskan tanda-tanda kehamilan pada seorang ibu yang baru pertama kali akan mendapatkan momongan.

Moms sudah siap menjadi ibu tentunya. Sudah telat menstruasinya atau sekarang sudah mulai ada tanda-tanda kehamilan yang lainnya. Selamat berbahagia deh.  Atau masih bingung, ini hamil atau tidak.

Baiklah, kalau masih bingung. Maklum, bagi Moms yang belum pernah merasakan hamil tentu kadang tidak tahu kalau hamil. Inilah 12 tanda-tanda kehamilan secara umum dan sering terjadi pada sebagain besar ibu hamil.

1.Terlambat Menstruasi

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang pertama adalah terlambat menstruasi. Tanda ini merupakan tanda yang paling umum dialami setiap wanita hamil.

Tidak mendapatkan menstruasi sebanyak 5 hari atau seminggu sejak tanggal seharusnya mendapatkan menstruasi biasanya positif hamil. Ini menandakan proses pembuahan sudah berlangsung.

Setelah implantasi, tubuh kita akan melepas hormon HCG yang bertugas menjaga kehamilan. Hormon ini juga bertugas memberi tahu indung telur untuk berhenti memproduksi sel telur baru ketika kita hamil. Oleh karena itu, tidak ada sel telur yang luruh menjadi darah haid Ketika seseorang hamil.

Implantasi adalah keluarnya bercak darah berwarna merahmuda atau kecoklatan dari vagina. Jika kita aktif secara seksual karena merencanakan kehamilan, ada kemungkinan bercak darah ini muncul sebagai gejala awal kehamilan.

Pendarahan implantasi biasanya akan muncul sekitar 6-12 hari setelah pembuahan atau berhubungan intim. Pendarahan ini tidak berbahaya. Umumnya tidak memerlukan penanganan dokter.

Hormon HCG singkatan dari Human Chorionic Gonadotropin. Hormon ini merupakan hormone peptide yang diproduksi tubug saat masa kehamilan. Tepat setelah adanya pembuahan, plasenta memproduksi HCG untuk memproduksi progesterone yang penting dalam masal kehamilan.

2. Mual dan Muntah

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang kedua adalah mual dan muntah. Mual dan muntah adalah satu tanda kehamilan. Pada umumnya pada pagi hari saat bangun tidur, Moms terasa mual bahkan muntah. Tapi, terkadang mual saja tanpa diikuti muntah.

Mual dan muntah bisa juga terjadi sepanjang hari. Pada siang, sore bahkan malam hari, Moms akan merasakan mual. Pada umumnya, mual dan muntah terjadi pada kehamilan minggu ke-6.

Tapi, ada juga terjadi pada beberapa ibu yang mengalami mual dan muntah pada minggu kedua setelah terjadi pembuahan. Tanda-tanda kehamlan yang satu ini akan mereda perlahan-lahan seiring dengan perkembangan usia kehamilan Moms.

12 Tanda Kehamilan Istimewa

3. Perubahan Payudara dan Puting

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang ketiga adalah adanya perubahan payudara dan puting susu. Hal ini terjadi pada minggu-minggu pertama kehamilan.

Payudara Moms akan tampak membesar. Selain itu, payudara akan tampak lebih keras, padat, dan berat dari biasanya. Terkadang, payudara lebih sensitif dan ada rasa nyeri “senuts-senuts” bahkan menyesakkan dada.

Pada area sekitar bagian puting susu muncul garis-garis urat. Ini juga menandakan bahwa seseorang itu hamil. Bagian areola puting susu juga berubag warnanya menjadi semakin gelap dan melebar.

Tanda-tanda kehamilan ini muncul akibat adanya perubahan hormon. Payudara membengkak dan puting menghitam karena hormone kehamilan meningkatkan aliran darah menuju area tersebut untuk mempersiapkan produksi ASI.

Perubahan payudara dan putting pada seorang wanita hamil terjadi pada minggu ke-4 sampai minggun ke-6. Sedangkan perubahan warna putting dan areola mulai terjadi pada sekitar minggu ke-11 kehamilan.

4. Keluar Bercak Darah dari Vagina

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang keempat adalah keluar bercak darah dari vagina. Ada bercak darah sebagai tanda-tanda hamil berbeda dengan darah haid. Juga bercak darah sebagai tanda hamil muda ini disebut implantasi.

Bercak darah ini muncul sebagai efek embrio yang berhasil tertanam pada dinding rahim. Saat embrio menempel, prosesnya bisa membuat dinding rahim terkikis sehingga mengakibatkan bercak darah.

Pendarahan implantasi muncul hanya 1-2 tetes darah yang berwarna merah muda, kekuningan atau kecoklatan. Bercak darah ini bisa muncul kapan saja dalam kurun 10-14 hari setelah pembuahan. Berlangsungnya bercak darah implantasi sekitar 1-3 hari.

12 Tanda Kehamilan Istimewa

5. Cepat Lemas dan Lelah

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang kelima adalah cepat lemas dan lelah. Tubuh wanita muda yang mudah lemas dan Lelah walaupun tidak melakukan sasuatu pekerjaan yang berat merupakan tanda-tanda kehamilan. Inilah 12 Tanda Kehamilan Istimewa yang Perlu Moms Ketahui

Ibu hamil bisa mengalami kelelahan luar biasa walaupun usia kehamilan baru satu minggu. Namun, Moms tidakperlu khawatir karena tanda-tanda hamil ini normal saja. Bahkan, mungkin harus terjadi sampai waktunya melahirkan.

Karena hormon progesterone Ibu hamil selama kehamilan akan meningkat drastis yang akan mengubah metabolisme tubuh. Agar embrio dapat melekat dan menetap pada rahim, tubuh wanita akan melemahkan sistem imunnya sejak sebelum implantasi.

Kekebalan tubuh yang melemah akan meningkatkan risiko wanita hamil menjadi mudah kelelahan. Hal ini menjadikannya sebagai tanda-tanda kehamilan.

Ibu hamil kerap kali mengeluh tubuhnya mudah lelah. Karena produksi darah segar dan kadar gula segar pun cenderung lebih rendah. Sebagian besar kadar gula dan darah segar ditujukan ke rahim.

Oleh karena itu, ibu hamil direkomendasikan untuk menyesuaikan aktivitasnya. Beristirahat yang cukup akan lebih membantu ibu hamil agar tidak mudah lemas dan Lelah. Ditambah asupan gizi yang lebih baik apabila bisa makan.

6. Sensitif pada Bau

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang keenam adalah sensitif pada bau. Selama masa kehamilan kepekaan hidung untuk mencium bau meningkat drastis. Hal ini merupakan tanda-tanda hamil yang sering dialami oleh Sebagian besar wanita.

Karena mencium bau tertentu, banyak ibu hamil muda mudah merasa pusing, mual, muntah, bahkan rusak suasana hatinya. Padahal, ibu tidak merasa terganggu dengan aroma tersebut saat belum hamil.

Selera makan ibu hamil mengalami perubahan karena mencium bau makanan tertentu. Ada seorang wanita yang tadinya suka pada makanan tertentu, tapi jadi sangat membenci makanan tersebut pada saat hamil.

12 Tanda Kehamilan Istimewa

7. Kram Perut

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang ketujuh adalah kram perut. Tanda-tanda hamil muda adalah kram perut. Ini terjadi akibat proses implantasi embrio. Tanda-tanda hamil ini biasanya muncul bersamaan dengan flek darah. Untuk membedakan kram perut tanda-tanda hamil dan gejala menstruasi adalah intensitas dan lokasi kramnya.

Kram perut sebagai tanda-tanda hamil pada umumnya tidak terlalu sakit. Hanya seperti dicubit dan berlangsung secara singkat. Kram bisa mulai terasa segera setelah ovulasi. Kemudian mereda dalam hitungan jam.

Kram perut akibat implantasi embrio cenderung terpusat pada satu titik lokasi saja. Misalnya, jika embrio menempel di sisi kiri rahim, kram akan lebih terasa pada perut sebelah kiri. Ini merupakan tanda hamil.

Jika kram perut berlangsung lama sampai beberapa hari, dan sakitnya terasa menyeluruh, kram perut semacam ini bukan sebagai tanda-tanda hamil. Tap ikram perut seperti itu merupakan gejala menstruasi.

8. Sering Buang Air Kecil

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang kedelapan adalah sering buang air kecil. Sering tidak disadari para wanita bahwa sering buang air kecil merupakan tanda-tanda kehamilan. Sering buang air kecil sering terjadi pada awal minggu ke -6 sampai ke-8 setelah pembuahan.

Perubahan hormon membuat kandung kemih jadi lebih sensitif pada saat hamil. Hal inilah yang membuat ibu hamil sering buang air kecil. Ibu hamil sulit untuk menahan pipis. Pada saat batuk atau bersih bisa membuat ibu hamil ngompol. Tapi tidak perlu khawatir, karena hal ini adalah tanda hamil yang wajar.

9. Sakit Kepala

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang kesembilan adalah sakit kepala. Sakit kepala adalah tanda-tanda kehamilan yang sering terjadi dan dialami beberapa wanita. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormone yang tiba-tiba.

Selain itu, rasa sakit kepala pada ibu hamil disebabkan oleh adanya peningkatan aliran darah. Pada saat hamil, tubuh ibu hamil akan menampung sekitar 50 persen volume darah tambahan.

12 Tanda Kehamilan Istimewa

10. Sembelit

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang kesepuluh adalah sembelit. Sembelit adalah sulit BAB atau BAB tidak teratur. Sembelit pada ibu hamil disebabkan oleh kenaikan homon progesterone.

Ketikan hormone progesterone tinggi, pergerakan usus menjadi lebih lambat untuk menyalurkan makanan hingga ke usus. Akibatnya feses ibu hamil akan lebih sulit dikeluarkan.

Ada masalah lain di perut pada saat hamil, selain sembelit. Perut sering terasa kembung atau begah. Rasa ini sering membuat tidak nyaman dan menurunkan selera makan. Tanda kehamilan ini terjadi pada minggi awal kehamilan bahkan sampai beberapa bulan ke depan.

11. Perasaan Sensitif

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang kesebelas adalah perasaan sensitif. Sensitif adalah peka atau perasaan yang labil dan mudah berubah-ubah. Perasaan ibu hamil itu tidak stabil.

Ibu hamil cenderung mudah marah, gelisah, dan memiliki perasaan yang tidak menentu. Dan ibu hamil terkadang ceria, tapi tiba-tiba sedih, marah, bahkan nangis. Ibu hamil cenderung manja dan cengeng.

Permintaan akan makanan juga cenderung tiba-tiba dan tidak masuk akal. Ada ibu hamil di tengah malam buta minta makan sayur bayam dan minum air kelapa muda. Ada juga, ibu hamil yang selalu makan ampo. Tanah yang telah dibakar.

Permintaan yang aneh ini sulit dikabulkan. Anehnya lagi, jika permintaannya tidak dikabulkan, ibu hamil seketika menjadi gelisah, marah, bahkan menjadi menangis tiada henti-hentinya.

Artikel terkait:

Cara Efektif Membentuk Keluarga yang Berkualitas

12 Tanda Kehamilan Istimewa

12. Mimisan atau Gusi Berdarah

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang kedua belas adalah mimisan atau gusi berdarah. Pada saat ibu hamil menyikat gigi, cenderung mengalami gusi berdarah. Pada saat ibu hamil membuang ingus cenderung mengalami pendarahan atau mimisan. Hal ini wajar terjadi pada ibu hamil. Jadi, tidaklah perlu dikhawatirkan.

Pada saat hamil, jantung ibu hamil akan bekerja lebih keras. Jumlah dan volume darah yang beredar di dalam tubuh meningkat. Peningkatan jumlah dan volume darah ini termasuk mengalir ke hidung dan mulut. Hal ini merupakan tanda-tanda kehamilan.

Lapisan dalam hidung serta bagian dalam gusi dipenuhi oleh pembuluh darah kecil yang rapuh dan rentan pecah. Aliran darah yang deras datang tiba-tiba bisa menjebol dinding pembuluh hingga menjadi pecah dan terjadilah mimisan atau gusi berdarah pada ibu hamil.

Perubahan kadar hormon dalam tubuh, bisa memicu munculnya mimisan atau gusi berdarah. Pada beberapa ibu hamil, hal ini akan mengakibatkan hidung tersumbat yang mungkin tidak diketahui penyebabnya.

Inilah 12 Tanda Kehamilan Istimewa yang Perlu Moms Ketahui

12 Tanda Kehamilan Istimewa

Nah, itulah Moms 12 tanda-tanda kehamilan. Setiap ibu hamil tentu saja mempunyai tanda-tanda yang berbeda. Beberapa ibu hamil yang tidak merasakan mual dan muntah, tapi ia sering sembelit dan ngompol saat batuk, atau bersin.

Ada juga ibu hamil yang selalu mengeluarkan air liur tapi ia tidak sensitif bau. Namun, ada ibu hamil yang tidak merasakan apa-apa. Dari 12 tanda kehamilan tersebut, hanya ada satu tanda kehamilan yang dirasakan ibu hamil, yaitu terlambat dating bulan atau terlambat menstruasi.

Namun, jika Moms merasakan tanda-tanda seperti di atas, hamil atau tidak, positif atau tidak, baiknya memeriksakan diri. Baik dengan alat tes kehamilan yang bisa dibeli di apotik ataupun bisa langsung memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Selain itu, Jika Moms merasakan tanda-tanda kehamilan, baiknya lebih berhati-hati menjaga janin di dalam perut. Kurangi aktivitas yang memberatkan tubuh. Olahraga berat tentu sudah tidak pas untuk ibu hamil, apa lagi hamil muda.

Demikianlah penjelasan mengenai tanda-tanda kehamilan yang perlu Moms ketahui. Semoga bermanfaat. Selamat menantikan kehadiran tanda-tanda kehamilan.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *