Inilah Cara Asyik Anak Usia 3-4 Tahun Belajar Mengenal Huruf dan Angka

Inilah Cara Asyik Anak Usia 3-4 Tahun Belajar Mengenal Huruf dan Angka

kurdefrin.com – Mengenalkan huruf dan angka sudah bisa dikenalkan pada anak usia 3-4 tahun. Hal ini bermanfaat untuk merangsang kecerdasan otak anak. Selain itu, bermanfaat juga sebagai bekal bagi anak Ketika meulai belajar membaca dan berhitung di sekolah.

Cara mengenalkannya harus menggunakan cara yang variatif dan menyenangkan. Bunda diminta untuk kreatif dalam mengajari anak mengenai huruf dan angka. Pada umumnya, mengajari anak itu menggunakan metode bermain sambil belajar.

Anak usia 3-4 tahun sudah saatnya mengenal huruf dan angka. Aktivitas mengenal huruf dan angka tergolong kegiatan membaca. Membaca pada tahap awal adalah mengenal huruf.

Anak Belajar Huruf Angka

A. Anak Usia 3-4 Tahun Belajar Mengenal Huruf

1. Pengertian Mengenalkan Huruf

Mengenal bisa dilakukan dengan melihat bentuk dan mendengarkan ucapan. Mengenal huruf berarti melihat bentuk huruf dan mendengarkan ucapan huruf. Misalnya bentuk huruf A besar dan huruf a kecil. Ucapkan huruf A besar dan huruf a kecil.

Perlihatkan pada anak mengenai bentuk huruf A besar dan a kecil. Anak diminta melihat huruf A besar dan a kecil sambil mendengarkan ucapan huruf-huruf itu.

Anak Belajar Huruf Angka

2. Cara Anak Belajar Mengenal Huruf

Ada beberapa cara mengenalkan huruf pada anak usia 3-4 tahun. Cara mengenalkan huruf pada anak hendaknya dibuat permainan yang menyenangkan. Tujuannya adalah agar anak termotivasi dalam belajar mengenal huruf. Misalnya:

a. Kartu Huruf

Kartu huruf adalah kartu berisi satu huruf. Jumlah huruf di dalam Bahasa Indonesia ada 26. Jadi, kartu huruf yang harus dibuat berjumlah 26.

Kartu huruf dapat dibuat dengan menggunakan dua jenis karena huruf itu ada dua jenis penulisannya. Jenis huruf itu adalah huruf besar dan huruf kecil. Jadi, kartu yang dibuat adalah kartu huruf besar dan kartu huruf kecil.

Model kartu huruf juga harus dibuat semenarik mungkin. Baik dari segi bentuk kartu huruf maupun dari segi warna kartu huruf. Bentuk kartu huruf bisa dibuat menyerupai binatang yang lucu atau menyerupai bentuk buah-buahan. Inilah Cara Asyik Anak Usia 3-4 Tahun Belajar Mengenal Huruf dan Angka

Misalnya: bentuk kartu huruf menyerupai hewan kelinci. Bahan yang digunakan untuk membuat kartu huruf bisa terbuat dari kertas tebal dan diberi kaki supaya bisa berdiri.

Jumlah kartu huruf berbentuk hewan kelinci dibuat sejumlah 26. Lantas anak diminta menyusun barisan kartu huruf secara urut dari kartu huruf [a] sampai huruf [z].

Barisan kartu huruf bisa disusun membentuk aneka konfigurasi yang menarik. Pada saat anak menyusun barisan kartu huruf, ajaklah bernyanyi lagu alfabet. “abcdefg hijklmn opqrstu vwxyz.”

Belajar mengenal huruf bisa sambil menyelam minum air. Maksudnya adalah pada waktu belajar mengenal huruf, anak juga dapat mengenal aneka binatang.

Jadi, kartu huruf yang dibuat bisa berbentuk aneka binatang. Kalau tadi kartu huruf berbentuk hewan kelinci, saat ini kartu huruf yang disediakan adalah kartu huruf lambang kebon binatang.

Kartu huruf lambang kebon binatang diperlukan sejumlah 26 bentuk binatang. Masing-masing bentuk binatang bertuliskan satu huruf abjad. Seperti contoh di bawah ini.

Huruf

Binatang

Huruf

Binatang

Huruf

Binatang

Aa

Ayam

Jj

Jerapah

Ss

Singa

Bb

Bebek

Kk

Kelinci

Tt

Tikus

Cc

Cicak

Ll

Laba-laba

Uu

Ular

Dd

Domba

Mm

Musang

Vv

Volpino (ras anjing)

Ee

Elang

Nn

Nyamuk

Ww

Walet

Ff

Oo

Oscar (ikan)

Xx

Xenops (Jenis burung)

Gg

Gajah

Pp

Panda

Yy

Yak (kepala mirip sapi, badan mirip kambing)

Hh

Harimau

Qq

Quokka (sejenis Kucing)

Zz

Zebra

Ii

Ikan

Rr

Rusa

Kartu huruf dapat juga dibentuk menyerupai bentuk buah-buahan dan bahan sayuran. Warna yang digunakan juga mengikuti warna asli buah-buahnya.

Contoh kartu huruf berbentuk buah-buahan dan bahan sayuran

Huruf

Nama Buah

Huruf

Nama Buah

Huruf

Nama Buah

Ket

Aa

Apel

Jj

Jeruk

Ss

Sawo

Bb

Belimbing

Kk

Kurma

Tt

Tomat

Cc

Ceri

Ll

Lemon

Uu

Ubi

Dd

Durian

Mm

Melon

Vv

Vanili

Ee

Enau

Nn

Nanas

Ww

Wortel

Ff

Frambos

Oo

Okra

Xx

Xiang Li (Pir)

Gg

Gowok

Pp

Pepaya

Yy

Yuzu

Hh

Qq

Zz

Zaitun

Ii

Rr

Rambutan

Anak Belajar Huruf Angka

b. Puzzle Huruf

Puzzle huruf dapat disediakan baik dengan cara membuat sendiri maupun dengan cara membeli. Anak diminta mengeluarkan puzzle huruf sambil menyebutkan nama huruf yang di keluarkan dari kotaknya.

Selanjutnya, anak diminta meletakkan puzzle huruf sesuai dengan gambar huruf abjad yang tersedia. Bunda harus sudah menyediakan gambar huruf abjad secara urut pada kertas karton. Misalnya huruf [a] harus diletakkan pada gambar huruf [a], dan seterusnya sampai sejumlah 26 huruf.

Berikutnya, Bunda juga harus menyediakan tulisan kata-kata tertentu pada selembar kertas karton. Misalnya dalam kertas karton sudah tertulis kata-kata: bapak, ibu, ubi, nama anak, dll. Anak diminta menempelkan puzzle huruf yang sesuai dengan kata yang ada pada kertas karton.

c. Menggambar dan Mewarnai Huruf

Konsep huruf dapat dikenalkan dengan mengajak anak menggambar huruf. Media yang dibutuhkan adalah gambar huruf dengan bentuk tanda titik-titik. Anak diminta menggambar huruf dengan cara menghubungkan tanda titik yang tersedia.

Kemudian anak diminta mewarnai gambar huruf yang sudah ada. Anak harus memberi warna yang berbeda pada setiap huruf. Hal ini dimanfaatkan juga agar anak mengenal warna.

d. Menghubungkan Huruf dengan Nama atau Gambar Benda

AaApelNnNanas
BbBebekOoObat
CcCacingPpPapah
DdDalangQqQiraah
EeElangRrRubah
FfFlamboyanSsSawo
GgGajahTtTin
HhHarimauUuUbi
IiIkanVvVanili
JjJerukWwWortel
KkKentangXxSinar X
LlLabuYyYogurt
MnMelonZzZebra

Anak diminta mengenal huruf-huruf dengan menghubungkan dengan benda yang menggunakan huruf awal tertentu. Atau jika benda sulit disediakan, bisa diganti dengan gambar benda. Misalnya di rumah tersedia buah apel, Bisa digunakan untuk mengenalkan huruf [a].

Anak Belajar Huruf Angka

B. Anak Usia 3-4 Tahun Belajar Mengenal Angka

1. Belajar Angka dengan Kartu Angka

Sebagaimana kartu huruf, kartu angka juga terbuat dari kertas karton tebal. Satu kartu angka berisi satu angka. Kartu angka dapat dibuat dengan berbagai bentuk seperti halnya dalam kartu huruf.

Bentuk dan warna kartu angka hendaknya dibuat yang menarik. Hal ini bertujuan agar anak senang belajar mengenal angka. Inilah Cara Asyik Anak Usia 3-4 Tahun Belajar Mengenal Huruf dan Angka

2. Belajar Angka dengan Melompati Tegel Lantai Sambil Berhitung

Mengenalkan konsep angka dapat dilakukan dengan media tegel. Anak diminta melompati tegel lantai sambil berhitung. Anak diminta melompat dari tegel satu ke tegel lainnya yang sudah diberi angka 1-10. Satu lompatan harus menempati satu tegel dan dihitung satu angka.

3. Belajar Angka dengan Menyanyikan Lagu tentang Angka

Menyanyikan lagu yang berkaitan dengan angka sangat mengasyikkan. Bernyanyi sambil mengenal angka. Wow, cara yang menyenangkan. Ada beberapa lagu anak yang menggunakan konsep angka dan jumlah, seperti lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu, dan Dua Mata Saya.”

4. Belajar Angka dengan Puzzle atau Balok Angka

Mengenalkan konsep angka bisa menggunakan puzzle atau balok angka. Media ini bisa dibuat sendiri atau membeli di pasaran yang sudah banyak beredar. Anak diminta mengeluarkan isi puzzle atau balok angka dari wadahnya.

Kemudian, anak diminta menyusun angka dari satu ke angka sepuluh. Saat menemukan angka yang akan disusun, anak diminta menyebutkan nama angka tersebut. Bisa juga sambil bernyanyi tentang angka.

Anak Belajar Huruf Angka

5. Belajar Angka dengan Mencocokkan Angka dengan Jumlah Benda

Mengenalkan konsep angka dapat juga dilakukan dengan mencocokkan angka dengan jumlah benda. Kegiatan ini memerlukan media puzzle angka dengan benda apa saja yang ada di rumah.

Misalnya, kelereng, bola, permen, buah jeruk, roti, dll. Letakkan piring sejumlah lima. Tiap piring diisi 1, 2, 3, 4, 5 buah jeruk. Kemudian, anak diminta meletakkan puzzle angka di tiap piring buah jeruk. Puzzle angka satu harus diletakkan pada piring yang jeruknya berjumlah satu, dst.

6.Belajar Angka dengan Mewarnai Gambar Angka

Hampir semua anak suka dengan mewarnai gambar. Bunda, ajaklah anak mewarnai gambar angka. Media yang diperlukan adalah pensil pewarna dan gambar angka. Misalnya gambar angka 1-10. Kemudian anak diminta mewarnai gambar angka dengan warna yang berbeda untuk setiap gambar angka.

 Baca Juga:

5 Bahan & Media Belajar yang Tepat bagi Anak Usia 3-4 Tahun

Balok Karakter Asyik Buat Bermain Bersama Anak dan Orang Tua

Kenali 6 Bahan Pengasuhan dan Jenis-Jenis Pola Asuh Anak

Anak Belajar Huruf Angka

7. Belajar Angka dengan Bermain Ular Tangga

Permainan ular tangga sangat mengasyikkan.Permainan ini dapat merangsang anak belajar berhitung. Anak harus menghitung mata dadu yang keluar, dan Langkah yang harus dilakukan pada kotak-kotak papan permainan.

8. Memulai Lomba

Perlombaan atau pertandingan pada umumnya dimulai dengan hitungan. Misalnya pada lomba lari. Pada saat akan dimulai lomba, wasit memberi aba-aba satuu, duaa, tiga, ya, maka semua peserta mulai berlari.

Anak Belajar Huruf Angka

9. Belajar Angka dengan Menghitung Jari Tangan

Sambil menggerakan jari, anak diminta menyebutkan angka yang digerakkan atau ditunjukkan. Orang tua menunjukkan 1 satu jari, anak menyebutkan angka 1. Bunda menunjukkan jari manis, jari tengah, dan telunjuk. Anak menyebutkan angka yang ditunjukkan Bunda.

10. Belajar Angka dengan Menebak Angka

Ajaklah anak bermain tebak angka. Mintalah anak menebak angka berdasarkan petunjuk. Misalnya angka berapa sebelum angka lima dan sesudah angka 3. Angka berapa setelah angka dua dan sebelum angka 4? Dll.

11. Belajar Angka dengan Mengenal Tanggalan

Setiap rumah pasti dong memiliki tanggalan. Mari kita manfaatkan untuk mengajari anak mengenal angka. Bukankah tanggalan itu berisi angka. Nah, media tanggalan ini adalah media yang mudah dan murah tapi banyak menfaatnya.

 Inilah Cara Asyik Anak Usia 3-4 Tahun Belajar Mengenal Huruf dan Angka

Ajaklah anak melihat tanggalan. Anak diminta menyebutkan angka yang ditunjuk Bunda pada tanggalan tersebut. Bisa juga dilakukan dengan anak diminta menunjuk angka pada tanggalan yang disebutkan bunda.

Anak Belajar Huruf Angka

12. Belajara Angka dengan Menghitung Jumlah Pot Bunga di Depan Rumah

Belajar konsep angka di dalam rumah mungkin sudah banyak dilakukan. Agar variatif dan anak tidak bosan, Ajaklah anak ke halaman depan. Anak diminta melihat-lihat tanaman di dalam pot. Lalu, anak diminta menghitung jumlah pot yang ada dengan menyebutkan angka satu per satu.

Untuk tujuan melatih konsentrasi, anak bisa diminta menghitung bagian tanaman yang kecil-kecil. Misalnya anak diminta menghitung jumlah daun petai cina pada satu tangkai. Karena daun petai cina itu kecil, pada saat menghitung tentu memerlukan konsentrasi.

Demikianlah pembahasan tentang mengenalkan huruf dan angka pada anak usia 3-4 tahun. Cara mengenalkan huruf dan angka harus menarik agar anak senang melakukannya. Semoga bermanfaat.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *