Moms, Ajaklah Anak Berlibur ke Tempat Aman di Era New Normal

Moms, Ajaklah Anak Berlibur ke Tempat Aman di Era New Normal

kurdefrin.com – Hari ini sudah memasuki tanggal 17 Juni 2020. Tidak lama lagi semua anak di tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK akan menerima ijazah bagi yang lulus dan menerima rapor bagi yang naik kelas. Kemudian akan mencari tempat aman buat berlibur.

Dimulai tanggal 22 juni 2020 sampai dengan 11 juli 2020, seluruh anak akan menikmati liburan akhir tahun. Orang tua sudah banyak ditanyai anak, mau libur kemana, main dimana, dll. Saat libur merupakan saat yang ditunggu-tunggu anak untuk berekreasi. tapi orang tua  bingung mencair empat aman buat berlibur.

Anak Berlibur ke Tempat Aman

A. Masa Liburan

1. Liburan sekolah

Orang tua tentu rada bingung mau mengajak anak berlibur ke mana di masa liburan dan masa era new normal ini. Orang tua tentu sudah mengetahui masa new normal. New Normal merupakan masa beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi covid-19.

Pada masa new normal akan dibuka kembali rumah ibadah bagi masyarakat dengan jumlah yang dibatasi. Demikian juga perkantoran, pertokoan, pabrik, dan usaha kecil mulai dibuka kembali dengan protokol kesehatan.

Pasar dan pusat perbelanjaan juga akan dibuka kembali agar perekonomian masyarakat bisa bangkit kembali. Tempat-tempat wisata juga akan dibuka kembali pada era new normal ini. Tapi, orang tua perlu memahami bahwa era new normal bukan berarti covid-19 sudah berakhir.

Anak Berlibur ke Tempat Aman

2. Era New Normal

Parents, covid-19 belum berakhir. Jika diikuti berita dari juru bicara penanganan covid -19, setiap hari masih terjadi penambahan pasien baru sekitar 1.000 orang.

Pola hidup baru di era new normal membutuhkan dukungan dan kehati-hatian dari seluruh masyarakat. Masyarakat harus patuh pada protokol kesehatan dalam menyikapi era new normal. Begitu juga dengan anak-anak. Mereka harus diberi pengertian yang benar mengenai new normal.

Kondisi seperti itu mungkin akan terjadi selama berbulan-bulan. Bahkan mungkin bertahun-tahun. Kita membutuhkan waktu yang lama untuk terbebas dari belenggu covid-19. Di satu sisi, kita sebagai orang tua juga perlumenjaga mental anak.

Kondisi mental anak harus dijaga dan disiapkan untuk memahami situasi era new normal ini. Anak sudah terlalu lama berada di dalam rumah. Tapi, orang tua juga belum bisa memberi kebebasan pada anak untuk bepergian ke sana kemari seperti sebelum ada Covid-19.

Kita sebagai orang tua dapat memenuhi sebagaian keinginan anak untuk berlibur pada masa liburan sekolah tahun ini. Orang tua diharapkan bisa memilih tempat dan cara berlibur berlibur yang aman bagi anak.

Anak Berlibur ke Tempat Aman

B. Level Tempat Berisiko

Sebelum memasuki ke pemilihan tempat dan cara berlibur, perlu diingat Kembali mengenai level tempat yang berisiko terpapar covid-19 yang perlu dipahamkan pada anak. Semakin tinggi level berikut ini, semakin berisiko. Orang tua wajib tahu, dan juga seluruh keluarga.

Berikut ini beberapa level tempat berisiko terpapar Covid-19 dari level 9-1. Untuk Level 9 adalah level paling berisiko, yaitu pergi ke bar. Level 8 terdiri atas prasmanan, stadion, pusat kebugaran, taman hiburan, dan ibadah secara massal.

Dan Level tempat berisiko terpapar Covid-19 berikutnya adalah level 7. Level ini terdiri atas olahraga basket, dan kolam renang. Level 6 terdiri atas kasino, restoran, taman bermain, salon, perahu potoon, dan bioskop.

Lalu, Level tempat berisiko terpapar Covid-19 berikutnya adalah level 5. Level 5 terdiri atas pesta makan malam di rumah makan, pesawat terbang, pesta barkekyu, mal, pantai, dan tempat bowling.

Kemudian, Level tempat berisiko terpapar Covid-19 berikutnya adalah level 4. Untuk Level 4 terdiri atas dokter gigi, berjalan di keramaian, kantor, ruang tunggu dokter, restoran makan di luar ruangan. Dan Level 3 antara lain belanja bahan makanan, berkemah, hotel, bermain golf, dan museum.

Sedangkan Level tempat berisiko terpapar Covid-19 berikutnya adalah level 2. Level 2 terdiri atas berjalan, lari, bersepeda bersama, dan mengisi bahan bakar. Sedangkan level 1 adalah membeli dan membawa bahan makanan dari restoran, serta bermain tenis.

Anak Berlibur ke Tempat Aman

C. Tidak Recomended

Nah, tempat-tempat berisiko yang tersebut di atas, mestinya tidak menjadi pilihan bagi orang tua berlibur bersama anaknya. Orang tua harus mencari tempat berlibur yang aman dan tepat bagi anak.

Sebenarnya, Orang tua bisa mengajak anak pergi berlibur ke tempat-tempat yang jarang atau sedikit pengunjungnya untuk mencegah kontak pisik dengan orang lain.

Selain itu, mengajak berlibur anak itu tidak harus yang berbayar. Karena tempat berlibur yang berbayar itu kecenderungan banyak dikunjungi orang. Hal ini akan berisiko terjadinya kontak fisik dengan orang lain.

D. Tempat Aman Buat Berlibur 

1. Kebun Sayur

Tempat berlibur yang aman buat anak di era new normal yang pertama adalah kebun petani. Di tempat ini dipandang aman dari kontak dengan orang lain. Jarang orang berwisata ke kebun petani. Orang tua bisa menjadikan kebun petani sebagai pilihan tempat berlibur.

Anak diajak ke rumah petani untuk minta izin ikut pergi ke kebun petani. Petani yang dihubungi adalah petani yang memiliki kebun terdekat dengan tempat tinggal. Petani itu juga mestinya sudah dikenal kita mengenai kesehatannya.

Pastikan kita mengetahui benar mengenai riwayat bepergian petani tersebut. Tentunya, petani itu sedang tidak flu, batuk, dll.  Jadi, kita tidak ragu-ragu jika mengajak anak berlibur di kebun petani.

Di kebun petani, ajaklah anak melakukan apa saja yang petani lakukan. Misalnya petani memetik sayuran seperti buncis, tomat, kacang panjang, dll. Anak diminta memetiknya juga.

Biarkan anak mengikuti kegitan petani di kebun sayurnya. Termasuk ketika petani mengemas sayuran seperti mengikat kacang panjang, buncis, dan mewadahi tomat, terong, dll dalam suatu wadah. Moms, Ajaklah Anak Berlibur ke Tempat Aman di Era New Normal

Barangkali ada tengkulak yang datang, mau membeli sayuran dari petani, biarkan anak menyaksikan dari jauh karena kita belum mengenal kesehatan tengkulak tersebut.

Mungkin juga petani mau menimbang beratnya sayuran yang akan dijual, juga bisa kita lihat dari jauh aktivitasnya.

Anak Berlibur ke Tempat Aman

2. Persawahan

Tempat berlibur yang aman buat anak di era new normal yang kedua adalah persawahan. Persawahan ini tidak kalah menariknya dengan kebun petani tadi. Kalau kebun petani tadi menghasilkan sayuran, perswahan akan menghasilkan padi.

Jika orang tua mengajak anak berlibur ke persawahan, anak tentu akan bertambah wawasannya mengenai padi dan beras. Perkenalkan anak bahwa nasi yang dimakan setiap hari berasal dari tanaman padi. Petanilah yang menanam padi.

Sebagai mana pergi ke kebun, baiknya orang tua mengajak anak bernegosiasi membuat kesepakatan untuk bisa diperkenankan pergi ke sawah bersama petani. Anak akan mengikuti kegiatan di sawah. Bergantung sudah musim apa di sawah petani.

Jika di sawahnya sedang musim tanam, anak akan mendapat pengalaman menanam padi. Jika di sawahnya sedang musim panen, anak akan mendapat pengalaman memanen padi yang sangat mengasyikkan.

Anak akan mendapat pengalaman berharga mengenai sawah dan persawahan yang mungkin belum di kenal sama sekali. Jadi, dalam liburan sekolahnya pada masa new normal ini, anak bisa mengenal kebun, sawah yang aman tanpa rasa khawatir kontak dengan orang lain.

3. Sungai

Tempat berlibur yang aman buat anak di era new normal yang ketiga adalah sungai. Anggap ini libur hari ketiga. Pada hari libur pertama dan kedua, anak sudah diajak pergi kekebun dan ke sawah. Pada libur ketiga ini, anak diajak ke sungai untuk memancing.

Orang tua bisa mengajak anak memancing di sungai. Tawari anak mengisi kegiatan berlibur dengan memancing di sungai. Tentu anak akan menyambutnya dengan gembira.

Peralatan memancing hendaknya dipersiapkan dengan melibatkan anak. Bawalah perbekalan, handsanitizer, tisu basah, sabun cuci tangan, dll.

Lokasi memancing baiknya dipilih sungai terdekat dengan rumah, tapi sungainya bersih. Selain itu, sungainya itu adalah sungai yang aman buat memancing. Jalan menuju tempat memancing juga landau hingga memudahkan anak berjalan menuju lokasi memancing.

Anak Berlibur ke Tempat Aman

4. Kebun Karet

a. Tempat Recomended

Untuk Tempat berlibur yang aman buat anak di era new normal yang keempat adalah kebun karet. Tempat ini cukup recommended, apalagi anak sudah diberi pemahaman yang baik mengenai bahaya Covid-19. Jangan lupa, membawa bekal makanan dan minuman, tikar sebagai alas tempat duduk, garam rosok, dan camera.

Orang tua juga mengajak anak untuk membawa peralatan kesehatan. Gunakan selalu masker. Bawalah selalu handsanitizer, tissue basah, tisu kering, dan desinfektan semprot, sabun cair, dan cadangan masker.

b. Aktivitas di Kebun Karet

Di kebun karet, anak akan merasakan sejuknya udara. Hijaunya pemandangan tumbuhan karet. Anak juga bisa melihat getah karet yang disadap. Warna getah karet yang putih mengalir ke penampungan karet.

Anak juga bisa melihat beberapa pekerja karet sedang mengambili getah karet yang sudah tertapung di wadahnya. Lakukan pemotretan atau video proses menetesnya getah karet ke dalam penampungan.

Bisa juga anak diajak mengambil video pekerja karet yang sedang menoreh batang karet untuk jalannya getah karet ke penampungan. Anak juga bisa diajak merekam suara alam yang ada di kebun karet.

Anak Berlibur ke Tempat Aman

c. Kuis di Kebun Karet

Tidak sekadar melihat dan mendengar, orang tua juga bisa mengajak anak bermain kuis di kebun karet. Kuisnya berkisar karet dan kebun karet. Lakukan setelah kelah berjalan ke sana kemari berkeliling di kebun karet.

Ajak anak menabur garam rosok di permukaan dan sekelilingnya untuk menggelar tikar. Setelah tikar tergelar, turunkan semua bekal yang dibawa. Nah, sambil menikmati bekal yang dibawa, kuis bisa dimainkan.

Anak diminta membuat pertanyaan yang berkaitan dengan karet. Orang tua menjawab. Baiknya terkadang jawaban orang tua dibuat salah agar anak berpikir untuk membetulkan. Kemudian orang tua bergiliran yang membuat pertanyaan. Anak diminta menjawab.

Misalnya: Kenapa kita harus menaburkan garam rosok sebelum menggelar tikar? Benda apa saja yang terbuat dari karet? Apa saja bahan dari karet yang dipakai dalam mobil atau kendaraan? Apa saja kegunaan dari karet itu? Pastikan anak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

d. Bermain Lempar Tangkap Bola

Jika permainan kuis dirasa sudah cukup, bisa dilanjutkan dengan bermain lempar tangkap bola. Jarak pelempar dengan penangkap bola berdekatan saja. Mengingat banyak pohon karet yang membatasi gerakan lempar tangkap bola.

Baca juga: Moms, Jangan Ajak Anak ke Tempat Berisiko di Era New Normal

Itulah kegiatan liburan anak hari pertama selesai. Pulang ke rumah sudah Lelah, mandi dan berisitarahat dengan cukup. Liburan pertama sudah berkesan dengan bermain di kebun karet.

Anak Berlibur ke Tempat Aman

5. Kebun Sawit

Jika tempat tinggal anak dengan lokasi perkebunan sawit, asyik juga anak diajak berlibur di kebun sawit. Udaranya tentu sejuk. Teduh oleh pohonan sawit.

Moms, Ajaklah Anak Berlibur ke Tempat Aman di Era New Normal

Anak dan orang tua bisa berbincang sekitar pohon dan kegunaan sawit. Tempat ini pun tidak berbayar. Paling hanya mohon izin pada pemilik sawit untuk bermain.

Jika akan mengajak anak berlibur ke tempat yang berbayar, pilihlah tempat yang sekiranyanya sepi pengunjung. Misalnya: pantai yang sepi, hutan bakau, hutan pinus yang sepi pengunjung. Pilihan itu semata-mata adalah menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Anak Berlibur ke Tempat Aman

E. Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berlibur di Era new Normal

Hal yang harus diperhatikan saat berlibur di era new normal antara lain: Kondisi badan seluruh keluarga benar-benar sehat dan bugar. Gunakan selalu masker di tempat wisata. Bawalah selalu handsanitizer, tissue basah, tisu kering, dan desinfektan semprot, sabun cair, dan cadangan masker.

Selain itu, bawalah bekal makan dan minum sendiri. Bawalah makanan kesukaan anak agar ia tidak tertarik membeli makanan di tempat wisata. Orang tua, juga hendaknya membawa peralatan ibadah sendiri. Itulah persiapan cara berlibur di era new normal.

Cara berlibur di era new normal lainnya adalah membeli tiket online jika harus membeli tiket. Selain itu, pergi berlibur yang aman dan tepat adalah naik kendaraan sendiri. Hal ini akan mengurangi kontak fisik dengan orang lain.

Dengan mengajak berlibur di kebun sayuran, sawah, sungai, dan kebun karet atau sawit, wawasan anak berkaitan dengan alam akan bertambah. Kecerdasan natural anak pun akan meningkat.

Demikianlah pembahasan mengenai tempat yang aman buat berlibur anak di era new normal. Semoga dapat menambah wawasan.

Referensi: dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *