Moms, Perlukah Anak Tahu tentang Virus Corona & New Normal?

Moms, Perlukah Anak Tahu tentang Virus Corona & New Normal?

kurdefrin.com – Wabah virus corona mulai diketahui pada bulan Desember 2019. Wabah ini membahayakan manusia. Karena menular begitu cepat dari satu orang ke orang lain. Kondisi ini cukup mencemaskan kita, sebagai orang dewasa.

Balita tentu sebenarnya belumlah mengerti benar mengenai keberadaan virus corona. Balita belum memahami bahaya virus corona bagi manusia. Dan Balita juga belum mengerti cara mengantisipasi diri agar tidak terpapar virus corona.

Belum mengerti benar mengenai virus corona, kini balita juga dihadapkan pada istilah baru yaitu new normal.  Pakai istilah bahasa Inggris lagi. Tentu kebanyakan balita belum tahu arti apalagi maksud adanya new normal.

Terlepas paham benar atau paham sedikit, ternyata dipandang perlu bahwa Balita harus tahu mengenai wabah virus corona dan istilah new normal. Tentu dengan maksud yang baik. Bukan untuk menakut-nakuti Balita agar patuh pada orang tua.

Balita harus tahu mengenai adanya wabah corona. Balita juga berhak tahu mengenai adanya new normal. Tujuannya adalah agar anak dapat menjaga diri dan waspada.  Juga anak  siap mental untk menghadapi situasi yang berbeda dari biasanya.

Anak harus Tahu Virus Corona & New Normal

Karena tahu ada wabah corona, Balita tentu akan patuh dan tetap tinggal di dalam rumah. Karena tahu adanya new normal, Balita bersiap mental untuk mengikuti aturan new normal. Jadi, Balita memang wajib tahu dengan sejelas-jelasnya mengenai kedua hal tersebut.

Pengetahuan anak mengenai virus corona dan era new normal, jangan hanya tahu sepintas lalu sekilas pandang dari berita televisi atau radio, atau lewat HP. Orang tua harus meyakinkan diri bahwa anaknya benar-benar paham mengenai hal tersebut.

Sadarkan agar anak benar benar berdisiplin mengikuti protokol kesehatan. Ingatkan selalu agar anak tetap waspada akan bahaya terpaparnya virus corona.  Orang tua baiknya tidak pernah bosan untuk terus memantau perilaku anak di luar rumah jika sudah mulai bersekolah Kembali.

Parent, pengetahuan mengenai virus corona dan new normal perlu kita sampaikan secara detail kepada Balita. Tapi, gunakan bahasa yang sederhana agar anak mudah memahaminya. Gunakan kalimat singkat, padat, tapi jelas. Hindari kalimat rancu yang membingungkan anak.

Istilah “new normal” bagi anak tentunya sulit dipahami karena menggunakan bahasa Inggris. Parents harus menjelaskan maksudnya dengan gamblang. Baiklah kita mulai menjelaskan pada anak dengan dua hal. Virus corona dan new Normal.

Anak harus Tahu Virus Corona & New Normal

1. Virus Corona

Virus corona adalah sekelompok virus covid-19 yang menyebabkan penyakit pada hewan yang menular pada manusia. Penyakitnya berupa infeksi saluran pernafasan yang dimulai batuk, pilek, demam.

Covid-19 itu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus. Covid-19 itu virus baru yang lahir di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019. Gejala covid-19 adalah demam, lelah, batuk kering, pilek, sakit tenggorokan, diare, dan sesak nafas.

Covid-19 bisa berpindah dari orang satu ke orang lain. Penyakit tersebut berpindah melalui percikan bersin, batuk. Apabila covid-19 jatuh di permukaan benda, ia akan menempel pada tangan manusia. Apabila tangan itu menempel di mulut, hidung, dan mata, maka covid-19 akan masuk ke tubuh orang itu.

Covid-19 tidak suka pada orang yang rajin cuci tangan pakai sabun. Juga tidak suka pada oranag yang cuci tangan pakai cairan antiseptik alkohol. Covid-19 tidak suka suka pada orang yang suka jaga jarak dengan orang lain. Covid-19 akan mati kalau menempel di tangan yang selalu bersih.

Sarankanlah anak, agar sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, selalu pakai masker, agar kita terhindar dari Covid-19. Bisa juga anak diberi tahu agar selalu menjaga imun agar tetap sehat.

Anak harus Tahu Virus Corona & New Normal

2. New Normal

Era New Normal mulai diterapkan di beberapa kota dan kabupaten di Indonesia. Ini menjadi tantangan baru bagi keluarga di Indonesia. Ada perubahan baru yang harus dihadapi para orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Setelah tiga bulan, para orang tua beralih peran bagi para anaknya akibat anak harus belajar di rumah. Lumayan sulit juga sih mengikuti semua pelajaran anak yang kian berkembang ilmunya.

Belum lagi, orang tua harus menjadi motivator yang ulung mana kala mengadapi anak yang sudah berkelu kesah. Bosan di rumah terus.  Bosan, bosan, dan bosan. Wajar saja sih, sebenarnya kalau anak sudah resah. Sudah tiga bulan lho, mereka di rumah.

Adanya istilah new normal yang akan diterapkan di negara kita, dibutuhkan ide-ide baru. Ide baru sangat dibutuhkan sebagai pedoman kita dalam berperilaku atau berbuat agar kita tetap aman dan terhindar dari paparan Covid-19.

Ide-ide baru dibutuhkan juga oleh para orang tua yang berkaitan dengan pola pengasuhan di era new normal. Tentu ide cemerlang banyak ditunggu keluarga Indonesia. Prinsipnya kegiatan persekolahan tetap dapat berjalan dengan baik, tapi anak tetap terlindungi keselamatannya.

Anak harus Tahu Virus Corona & New Normal

Ini ide penting yang benar-benar ditunggu. Orang tua tidak lagi khawatir melepas anaknya pergi ke sekolah jika terdapat kepastian bahwa anaknya tidak akan terpapar covid-19. Sebenarnya, orang tua juga sudah kewalahan menjadi guru bagi anaknya untuk semua mata pelajaran.

Dari sisi anak, ia juga sudah mengeluh jika gurunya itu digantikan orang tuanya. Anak ingin segera Kembali ke sekolah. Bertemu teman, guru, ruang kelas, dan sekolahnya. Bercanda, bermain dengan teman-temannya sudah sangat diharapkan.

Sekarang ada istilah new normal, barangkali menjadi angin segar bagi anak-anak untuk melepas kerinduan pada sekolah. Tapi bagi orang tua, new normal menjadi angin tidak segar, karena rasa khawatir yang berlebihan. Moms, Perlukah Anak Tahu tentang Virus Corona & New Normal?

Parents, baiklah kita berusaha memberi pemahaman pada anak agar mereka benar-benar paham mengenai new normal. Cara bersikap, berbuat atau bertindak di era new normal harus dipahamkan pada anak. untuk kemudian dipatuhi secara ketat.

Anak harus Tahu Virus Corona & New Normal

Pengertian New Normal

Beri pemahaman pada anak bahwa New Normal itu kebiasaan hidup baru yang bersih dan sehat. New Normal adalah tatanan kehidupan baru dengan menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat sesuai protokol pencegahan penularan covid-19.

Kebiasaan baru yang dilakukan antara lain adalah kemanapun wajib memakai masker. Parents mestinya sudah menyediakan masker khusus untuk anak. Sarankan anak agar selalu cuci tangan  sesering mungkin.

Beri tahu anak agar selalu menggunakan handsanitizer saat berada di luar rumah, dan tetap jaga jarak dengan orang lain minimal 1meter. Anak diminta menghindari menyentuh area hidung mata, dan mulut ketika berada di luar rumah.

Beri tahu juga agar anak tidak naik kendaraan umum, jaga jarak di tempat umum, tidak bersalaman, dan tidak berpelukan dengan teman. Ketika pulang ke rumah langsung mandi ganti pakaian mencuci pakaian yang baru digunakan.

Saat Anak Menuju ke Sekolah

Pastikan anak dalam keadaan sehat, tidak flu, demam, atau batuk. Gunakan handsanitizer dan upayakan tidak menggunakan transportasi umum. Akan lebih baik, jika anak disarankan menggunakan kacamata pelindung.

Baca juga:

Lakukanlah 3 Sikap Saat Anak Masuk Sekolah di Era New Normal

Selama perjalanan menuju ke sekolah harus tetap menggunakan masker. Dan kacamata pelindung. Di perjalanan, tidak boleh menyentuh fasilitas umum. Jika naik ojek online, anak harus menggunakan helm pribadi.

Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, beri tahu anak agar tetap menjaga jarak minimal 1meter dengan penumpang lainnya. Selama perjalanan, jangan menyentuh wajah, mata, dan mulut dengan tangan.

Setiba di sekolah, langsung mencuci tangan. Membuka tas ambil tissue basah, oleskan pada meja dan kursi tempat duduk anak. Kemudian, mencuci tangan lagi. Waktu di sekolah tetap jaga jarak dengan anak lainnya.

Tiba di sekolah, anak diminta segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Bersihkan area meja kursi tempat belajar dengan desinfektan, jika tidak tersedia, bersihkan area meja kursi dengan tissue basah. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kelas.

Gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol listrik atau lift jika ada. Beri tahu anak agar tidak sering menyentuh fasilitas/peralatan yang dipakai bersama. Anak juga dipesan agar disiplin memakai masker, dan membiasakan tidak berjabat tangan.

Anak juga beritahu cara penggunaan lift. Jaga jarak saat di lift minimal 1 meter. Posisi berdiri di lift harus saling membelakangi.

Anak harus Tahu Virus Corona & New Normal

Saat Anak Pulang dari Sekolah

Jika terpaksa naik transportasi umum, sarankan anak agar tetap menjaga jarak 1 meter. Gunakan kacamata pelindung, dan masker saat perjalanan pulang dari sekolah. Selama perjalanan, jangan menyentuh wajah, mata, dan mulut dengan tangan.

Sesampai di rumah, jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri. Langsung saja, anak diminta mandi. orang tua harus langsung mencuci pakaian yang baru saja dikenakan anak. Cucilah pakaian denga dertjen.

Jika anak membawa handphone, Bersihkan handphone, kacamata, tas, ikat pinggang dengan desinfektan. Jika anak mempunyai penyakit degeneratif, orang tua harus memastikan bahwa anak dalam kondisi terkontrol.

Lebih berhati-hati apabila anak memiliki penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, ganguan paru, gangguan ginjal, kondisi autoimun. Beri asupan makanan bergizi agar daya tahan tubuh tetap bagus, diikuti dengan istirahat yang cukup.

Anak tentu merasa aneh harus berperilaku seperti tersebut.  Harus menjaga jarak, harus menggunakan handsanitizer, tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut. Harus mencuci tangan, dll.

Aktivitas mencuci tangan semakin sering. Harus pakai sabun, pakai air mengalir, dan lain-lainnya. Beri tahu anak kapan saja saat yang tepat untuk mencuci tangan. Setelah membuang ingus, bersin, dan batuk harus cuci tangan.

Anak harus Tahu Virus Corona & New Normal

Moms, Perlukah Anak Tahu tentang Virus Corona & New Normal?

Setelah berkunjung ke tempat umum dan menyentuh benda di luar rumah, anak harus cuci tangan. Sebelum, saat, dan sesudah merawat teman sakit, sebelum dan sesudah makan, anak harus cuci tangan. Sebelum tidur, setelah membuang sampah, anak harus cuci tangan.

Setelah menyentuh hewan, setelah buang air kecil atau buang air besar, dan ketika tangan terlihat kotor, anak diharuskan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Itulah parents, jangan sepelekan anak. Berikan hak anak untuk tahu dan paham virus corona yang sedang mewabah. Berikan hak anak untuk tahu apa dan bagaimana new normal itu. Jika tahu semua itu, anak akan berupaya menjaga diri semaksimal mungkin.

Demikianlah penjelasan mengenai Wabah Virus Corona dan New Normal. Semoga dapat menambah wawasan bagi Parents dalam memahamkan anak terhadap virus corona dan new normal.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *