Ternyata Ada Segudang Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Ternyata Ada Segudang Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

kurdefrin.com – Setiap orang tua tentu sudah memahami bahwa masa kanak-kanak adalah masa bermain. Pada masa ini terjadi tumbuh kembang anak secara maksimal.

Pada masa bermain ini akan lebih optimal tumbuh kembang anak jika orang tua bisa bermain bersama anak. Tentu anak akan senang bermain bersama orang tua.

Walaupun dapat bermain sendiri dengan aneka mainannya di rumah, anak akan lebih berkembang permainannya jika dilakukan dengan orang tua. Sebab orang tua dapat membantu mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain.

Bermain menjadi salah satu aktivitas penting dalam proses tumbuh kembang anak. Karena bermain berkontribusi pada perkembangan 6 kemampuan seperti moral, fisik motorik, koginitif, bahasa, sosial emosional, dan seni pada anak-anak.

Kegiatan bermain dapat dijadikan ajang orang tua untuk mengamati perkembangan anak. Hubungan kekeluargaan juga akan terasa semakin erat manakala orang tua bisa bermain bersama anak.

Bermain sama anak mengajak orang tua agar dapat meluangkan waktu. Orang tua yang bekerja diharapkan menyisihkan waktu untuk bermain sama anak.

Manfaat Orangtua Bermain Bersama Anak

Jenis permainan yang dilakukan antara anak dengan orang tua adalah permainan nyata sehingga mengurangi penggunaan gadget.

Bermain merupakan dunia yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak-anak. Namun, kesibukan terkadang membuat orang tua lupa bahwa anak membutuhkan waktu bermain bersama orang tuanya.

Bermain itu merupakan permainan nyata dilakukan secara fisik. Hal ini dapat membantu tumbuh kembang anak. Selain itu, dapat mempererat anak denga orang tua.

Bermain dengan anak dapat mempererat ikatan emosional yang lebih dalam antara orang tua dengan anak. Ikatan ini dapat menjadikan anak lebih nyaman dengan orang tua.

Ikatan ini juga dapat menjadi modal bagi anak untuk melatih kemampuan sosial dan emosionalnya ketika besar nanti. Saat ini, banyak orang tua yang memberi kelonggaran pada anak untuk bermain gadget. Padahal itu tidak tepat bagi anak.

Orang tua terkadang belum mengetahui batasan penggunaan gadget untuk anak-anak. Ketahuialah bahwa bayi di bawah usia 18 bulan, tidak dianjurkan bermain menggunakan gadget.

Kemudian bayi usia 18-24 bulan, diperbolehkan bermain gadget kurang dari 1 jam. Orang tua harus mendampingi dan memilih konten yang sesuai dengan usia anak-anak. Peran orang tua sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada anak-anak terkait konten yang sedang mereka lihat.

Anak usia 2-5 tahun, diperbolehkan untuk bermain gadget selama 1 jam dengan didampingi orang tua. Orang tua berkewajiban memilihkan program yang akan dilihat anak.

Manfaat Orangtua Bermain Bersama Anak

Jenis Permainan untuk Bermain Bersama Keluarga

Ada beberapa jenis permainan yang bisa dilakukan anak bersama orang tua. Jenis permainan itu dapat mencakupi beberapa aspek perkembangan yang dibutuhkan anak.

Permainan Motorik kasar

Permainan yang dapat dilakukan anak bersama orang tua bisa berbagai macam. Bisa permainan yang melibatkan motorik kasar seperti lompat tali, berenang, suda manda, petak umpet, melompat, meloncat, naik turun tangga, bermain pasir di pantai, dll.

Permainan Motorik Halus

Berikut permainan yang melibatkan motorik halus anak adalah meronce, menjahit, playdough, lego, melipat kertas atau origami, puzzle, dakon atau congklak, dan bermain balok.

Permainan Seni

Untuk Permainan yang dapat meningkatkan jiwa seni anak seperti bermain peran, bernyanyi, membaca puisi, melukis atau menggambar, membuat karya seni lainnya.

Permainan Asah Otak

Sedangkan Pemainan yang mengasah otak anak seperti catur, halma, ular tangga, puzzle, bermain balok, dll. Permainan ini dapat mengembangkan kemampuan anak dalam berpikir.

Semua jenis permainan dapat dilakukan anak bersama orang tua. Permainan yang bersifat motorik, kognitif, seni dapat dimainkan bersama anak dan orang tua.

Orang tua berusaha mengatur dan menjadwalkan permainan-permainan itu untuk dilakukan setiap hari. Orang tua bisa membuat jadwal permainan secara bervariasi dan menyeluruh ke semua jenis permainan.

Manfaat Orangtua Bermain Bersama Anak

Alasan Anak harus Bermain Bersama Orang Tua

1. Bahaya Efek Negatif Permainan

Alasan anak harus bermain bersama orang tua yang pertama adalah bahaya efek negative dari permainan. Orang tua yang suka ambil jalan pintas agar anak tidak nangis adalah memberikan mainan atau game di Handphone.

Anak yang sudah terbiasa bermain gadget bisa mengunduh game yang tidak sesuai dengan usianya.

Game seperti itu membahayakan anak. Bukannya unsur atau nilai-nilai pendidikan yang diperoleh anak, akan tetapi justru membuat anak menjadi agresif dan kasar.

2. Tidak Semua Permaian itu Aman bagi Anak

Alasan anak harus bermain bersama orang tua yang kedua adalah tidak semua permaian itu aman bagi anak. Alat permainan bisa membahayakan anak kalau tidak dilakukan bersama orang tua.

Misalnya: ayunan. Anak suka mainan ayunan di taman atau di tempat lainnya. Pastikan ayunan aman. Tidak kotor, tidak berair, dan tidak berdebu.

Cek besi-besinya berkarat atau tidak. Runcing atau tidak sebab akan melukai anak. Kehadiran orang tua sangat penting pada satu permainan ini.

3.Tidak Bisa Mengetahui Permainan Favorit Anak

Alasan anak harus bermain bersama orang tua yang ketiga adalah orang tua tidak bisa mengetahui mainan favorit anak. Orang tua kadang kebingungan, mau memilih mainan apa buat buah hati di rumah. Akhirnya, orang tua membelikan mainan yang rumit sehingga anak tidak bisa memainkannya. Ternyata Ada Segudang Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Bisa juga orang tua membelikan mainan terlalu mudah sehingga anak cepat bosan. Hal ini bisa terjadi karena orang tua tidak pernah bermain bersama anak. Sehingga tidak mengetahui permainan favorit anaknya sendiri.

4. Mainan Mahal dan Menarik Tidak Berfungsi

Alasan anak harus bermain bersama orang tua yang keempat adalah mainan mahal dan menarik tidak berfungsi. Mainan mahal dan menarik belum tentu dapat menyenangkan anak jika dimainkan sendirian.

Misalnya: dibelikan mainan peralatan masak-masak lengkap. Kemudian anak bermain membuat kue sendiri, berjulan sendiri, pembelinya diri sendiri. Tidak menarik jika beberapa rankaian kegiatan permainan dilakukan sendiri.

Permainan tersebut akan menyenangkan jika dilakukan bersama orang tua. Misalnya Ibu dan anak menyiapkan adonan roti dari playdough. Kemudian anak memanggang roti kemudian menjualnya. Ayah dan paman berperan sebagai pembeli.

Permainan tersebut terasa menjadi lebih hidup. Sebab sudah dimainkan seperti kondisi nyata. Peran pembuat roti, penjual roti, dan pembeli sudah dilakukan oleh orang-orang yang berbeda. Tentu anak akan semakin senang bermain seperti itu.

Manfaat Orangtua Bermain Bersama Anak

Manfaat Bermain Bersama

1. Mengembangkan Bakat Anak

Manfaat bermain bersama anak yang pertama adalah membantu mengembangkan bakat anak. Dalam masa pertumbuhan yang dibutuhkan anak adalah mengembangkan bakat yang ada di dalam dirinya.

Hal itu membutuhkan dukungan dari orang tua. Orang tua bisa membantu anak untuk mengembangkan kemampuannya agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bermain bersama keluarga.

Misalnya, orang tua bisa mengajak anak bermain dengan menyisikan nilai-nilai kepemimpinan, nilai ketangkasan dalam menyelesaikan masalah, dll.Dalam proses tersebut membantu anak untk memahami emosinya sendiri. Ini juga bisa mengurangi stress dalam dirinya.

2. Menjaga Anak

Manfaat bermain bersama anak yang kedua adalah menjaga anak. Menjaga anak bukan berarti membatasi ruang gerak anak. Tapi orang tua perlu mengawasi anak saat sedang bermain.

Tentu ada beberapa jenis mainan yang bisa berbahaya bagi anak. Orang tua bisa menjaga anak seperlunya saja agar anak tetap nyaman bermain.

Misalnya, saat anak bermain tapi minta minum susu. Ternyata susu yang diberikan ditumpahkan anak di atas laptop.  Rusaklah keyboard laptopnya. Tapi, jika orang tua lebih waspada akan segala kemungkinan, hal tersebut tidak akan terjadi.

3. Memahami Anak

Manfaat bermain bersama anak yang ketiga adalah memahami anak. Bermain bersama anak bisa membantu orang tua untuk memahami anak secara lebih dekat. Orang tua bisa lebih tahu mainan jenis apa yang disukai anaknya.

4. Interaksi Sosial

Manfaat bermain bersama anak yang keempat adalah interaksi sosial. Orang tua yang bermain sama anak akan memberikan kontribusi lebih untuk membangun interaksi sosial. Anak yang sering bermain sama orang tua memiliki sikap yang lebih sopan dibandingkan dengan anak yang tidak bermain dengan orang tuanya. Ternyata Ada Segudang Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Manfaat Orangtua Bermain Bersama Anak

5. Meningkatkan Hormon Bahagia

Manfaat bermain bersama anak yang kelima adalah meningkatkan hormon bahagia. Ketika orang tua bermian dengan anak akan meningkatkan hormon oksitosin atau hormon bahagia pada anak dan orang tua. Orang tua akan menjadi senang saat menyentuh dan tertawa sama anak.

6. Mempererat Hubungan Kekeluargaan

Manfaat bermain bersama anak yang keenam adalah dapat mempererat hubungan kekeluargaan di antara mereka. Bermain bersama akan memupuk kedekatan antara ayah, ibu dan anak. Mereka akan semakin akrab. Bisa tertawa dan bergembira  bersama pada saat bermain bersama.

7. Meningkatkan Kreativitas Anak

Manfaat bermain bersama anak yang ketujuh adalah bermain bersama juga dapat meningkatkan kreativitas anak. Secara tidak langsung, bermain bersama orang tua adalah anak mendapat bimbingan, dan memperoleh contoh dalam melakukan permainan.

Bisa jadi anak akan melakukan permainan dengan cara yang berbeda dari bimbingan orang tua. Anak juga akan melakukan permainan yang berbeda dengan contoh permainan dari orang tua. Perbedaan-perbedaan inilah yang menunjukkan adanya kreativitas pada anak.

Artikel terkait:

Peran Ayah Ibu dalam Menjaga Ketahanan Keluarga Saat Corona

Bermain Peran: Cara Jitu Melatih Anak Balita Berbicara

Mainan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak

9 Tips Cegah Rasa Bosan pada Anak di Rumah Selama Covid-19

Anak Masih Bosan di Rumah dengan 9 Tips, Ini Cara yang Asyik

8. Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak

Manfaat bermain bersama anak yang kedelapan adalah mengembangkan kemampuan bahasa anak. Pada saat bermain bersama tentulah terjadi komunikasi antara anak, ayah dan ibu.

Mereka berbicara satu sama lain untuk melancarkan jalannya permainan yang dilakukan bersama. Anak akan memahami bahasa orang tua atau sebaliknya. Anak juga akan menggunakan bahasa untuk menyampaikan maksud tertentu ketika bermain.

Maka dari itu, kemampuan bahasa pada anak akan berkembang pada saat bermain bersama keluarga. Baik kemampuan memahami bahasa maupun kemampuan menggunakan bahasa akan berkembang.

Manfaat Orangtua Bermain Bersama Anak

9. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Manfaat bermain bersama anak yang kesembilan adalah dapat bersosialisai dengan orang dewasa. Pada saat bermain bersama, anak dapat bersosialisasi dengan orang dewasa. Anak dapat bergaul dengan orang tua, baik dengan ayah, ibu, atau pun dengan anggota keluarga yang lain.

Meskipun dalam permainan, anak akan tahu bahwa ayah dan ibu adalah orang tua yang harus dihormati, dipatuhi. Orangtua juga demikian. Dalam permainan bersama, orangtua akan memposisikan anak sebagai orang yang harus disayangi, dijaga, diarahkan dan dibimbing.

Jadi, permainan yang dilakukan bersama dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Ramah tamah, etika, sopan santun akan berkembang di dalam sebuah keluarga melalui kegiatan bermain bersama.

10. Mengasah Kemampuan Pemecahan Masalah

Manfaat bermain bersama anak yang kesepuluh adalah dapat mengasah kemampuan pemecahan masalah. Di dalam permainan, tentu ada saja permasalahan yang akan muncul.

Misalnya dalam permainan lompat tali. Sedang asyik melompat, tiba-tiba talinya putus. Orang tua jangan tergesa-gesa memberikan alternatif solusi. Beri kesempatan pada anak untuk mencari pemecahan masalah ini.

Posisikan orang tua pasif, dan anak aktif mencari solusi. Kemungkinan anak akan menyambungkan tali yang putus tadi. Tapi anak tidak mampu menyambungkan tali itu dengan baik. Nah, inilah saatnya anak mendapat bantuan orang tua.

Ternyata Ada Segudang Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Manfaat Orangtua Bermain Bersama Anak

11. Menyalurkan Energi Besar Anak

Manfaat bermain bersama anak yang kesebelas adalah menyalurkan energi besar pada anak. Bermain sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak perlu bermain untuk menyalurkan energinya yang besar. Bermain membuat anak-anak lebih ceria.

Dengan bermain, anak-anak bisa belajar peran tertentu. Dengan bermain, anak-anak dapat membantu mengendalikan control tubuhnya.

Bermain bukan kegiatan serius, maka harus dilakukan dengan senang. Meskipun demikian, anak dapat menyerap pengetahuan dan belajar menyelesaikan masalah.

Permainan anak yang dilakukan bersama orang tua banyak nilai bagusnya dibanding anak bermain sendirian. Walaupun anak tetap bisa bermain manakala sendirian untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.

Namun, bukan berarti orang tua tidak perlu melinatkan diri dalam permainan anak-anak. Justru anak akan lebih berkembang jika bermain dengan orang tua.

Bermain adalah aktivitas anak yang dominan dan wajib dilakukan dengan orang tua. Anak akan menjadi lebih ceria, rileks, dan senang saat bermain dengan orang tua. Beberapa permainan dapat menjadi stimulan bagi anak untuk meningkatkan tumbuh kembang anak.

Pada dasarnya, anak bermain membutuhkan pendamping atau teman. Teman bermain anak yang terbaik adalah orang tua. Sebab, orang tua dapat memberikan efek positif pada anak pada saat bermain bersama.

Orang tua akan mengangap anak sebagai teman bermain. Begitu juga sebaliknya, anak akan merasa bahwa orang tuanya itu adalah teman bermain. Hal ini akan memudahkan anak belajar sesuatu dari teman permainan.

Permainan anak dengan orang tua tidak hanya dilakukan di dalam rumah. Bisa juga anak diajak bermain di alam terbuka. Misalnya berenang bersama. Bermain pasir bersama di pantai. Bermain sepak bola bersama di lapangan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat orang tua bermain bersama anak. Sempatkanlah Moms bermain bersama anak karena memiliki segudang manfaat.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *